Purba, Michael (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4163111047 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM.4163111047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
3. NIM.4163111047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. NIM.4163111047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM.4163111047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
9. NIM.4163111047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
13. NIM.4163111047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14. NIM.4163111047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) Berbasis Problem Based learning (PBL). Penelitian ini menggunakan model pengembangan atau R&D ( Research and development). Subyek penelitian ini sebanyak 30 orang peserta didik di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Doloksanggul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan adalah : (1).Valid dengan indikator penilaian aspek kelayakan isi memproleh nilai presentase 91,79% dengan kategori sangat valid, indikator penelitian berupa aspek penyajian materi memproleh nilai presentase sebesar 95,55% dengan kategori sangat valid, aspek kebahasaan dan nilai presentase sebesar 90% dengan kategori sangat valid dan aspek kegrafikan dengan nilai presentase sebesar 97,03% dengan kategori sangat valid, serta validitas LKPD secara keseluruhan memproleh nilai presentase 94,16% dengan kriteria sangat valid, (2) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif berdasarkan aspek keefektifan. Keefektifan diproleh dari hasiil ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 84,33% sehingga secara klasikal telah memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan dan siswa yang tuntas belajar dengan presentase 86,66% yang termasuk dalam kategori tuntas. (3) LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yang mencakup 4 indikator, pada indikator pertama 93% indikator kedua 86% indikator ketiga 81% dan indikator keempat 78%. Sehingga kemampuan penalaran matematis siswa meningkat dari uji coba pretest dan uji coba posttest.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 088 |
Keywords: | Perangkat pembelajaran; Problem based learning; Penalaran matematis; Statistika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 02:40 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53576 |