Purba, Michael (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4163111047 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM.4163111047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
3. NIM.4163111047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. NIM.4163111047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM.4163111047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
6. NIM.4163111047 TABLES.pdf
Download (45kB)
7. NIM.4163111047 ILLUSTRATION.pdf
Download (45kB)
8. NIM.4163111047 APPENDICES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (45kB)
9. NIM.4163111047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
10. NIM.4163111047 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (255kB)
11. NIM.4163111047 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (161kB)
12. NIM.4163111047 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM.4163111047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14. NIM.4163111047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
15. NIM.4163111047 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) Berbasis Problem Based learning (PBL). Penelitian ini menggunakan model pengembangan atau R&D ( Research and development). Subyek penelitian ini sebanyak 30 orang peserta didik di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Doloksanggul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan adalah : (1).Valid dengan indikator penilaian aspek kelayakan isi memproleh nilai presentase 91,79% dengan kategori sangat valid, indikator penelitian berupa aspek penyajian materi memproleh nilai presentase sebesar 95,55% dengan kategori sangat valid, aspek kebahasaan dan nilai presentase sebesar 90% dengan kategori sangat valid dan aspek kegrafikan dengan nilai presentase sebesar 97,03% dengan kategori sangat valid, serta validitas LKPD secara keseluruhan memproleh nilai presentase 94,16% dengan kriteria sangat valid, (2) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif berdasarkan aspek keefektifan. Keefektifan diproleh dari hasiil ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 84,33% sehingga secara klasikal telah memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan dan siswa yang tuntas belajar dengan presentase 86,66% yang termasuk dalam kategori tuntas. (3) LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yang mencakup 4 indikator, pada indikator pertama 93% indikator kedua 86% indikator ketiga 81% dan indikator keempat 78%. Sehingga kemampuan penalaran matematis siswa meningkat dari uji coba pretest dan uji coba posttest.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | SK-2023 MAT 088 |
| Keywords: | Perangkat pembelajaran; Problem based learning; Penalaran matematis; Statistika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 23 Nov 2023 02:40 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 08:37 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53576 |
