PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Purba, Michael (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.4163111047 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4163111047 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4163111047 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4163111047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.4163111047 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.4163111047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.4163111047 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.4163111047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4163111047 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4163111047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.4163111047 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.4163111047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.4163111047 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4163111047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.4163111047 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.4163111047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) Berbasis Problem Based learning (PBL). Penelitian ini menggunakan model pengembangan atau R&D ( Research and development). Subyek penelitian ini sebanyak 30 orang peserta didik di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Doloksanggul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan adalah : (1).Valid dengan indikator penilaian aspek kelayakan isi memproleh nilai presentase 91,79% dengan kategori sangat valid, indikator penelitian berupa aspek penyajian materi memproleh nilai presentase sebesar 95,55% dengan kategori sangat valid, aspek kebahasaan dan nilai presentase sebesar 90% dengan kategori sangat valid dan aspek kegrafikan dengan nilai presentase sebesar 97,03% dengan kategori sangat valid, serta validitas LKPD secara keseluruhan memproleh nilai presentase 94,16% dengan kriteria sangat valid, (2) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif berdasarkan aspek keefektifan. Keefektifan diproleh dari hasiil ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 84,33% sehingga secara klasikal telah memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan dan siswa yang tuntas belajar dengan presentase 86,66% yang termasuk dalam kategori tuntas. (3) LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yang mencakup 4 indikator, pada indikator pertama 93% indikator kedua 86% indikator ketiga 81% dan indikator keempat 78%. Sehingga kemampuan penalaran matematis siswa meningkat dari uji coba pretest dan uji coba posttest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 088
Keywords: Perangkat pembelajaran; Problem based learning; Penalaran matematis; Statistika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:40
Last Modified: 23 Nov 2023 02:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53576

Actions (login required)

View Item
View Item