Tarigan, Lola Ressa (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TIGABINANGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111095 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2. NIM 4183111095 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
3. NIM 4183111095 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 4183111095 PREFACE.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
5. NIM 4183111095 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
9. NIM 4183111095 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
13. NIM 4183111095 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 4183111095 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tigabinanga pada materi program linear. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 di SMA Negeri 1 Tigabinanga sebanyak 34 orang siswa dan objek pada penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen penelitian yang digunakan ialah tes dan reflektif jurnal . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Hasil analisis data diperoleh dari hasil belajar matematika siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada pre-test siklus I diperoleh nilai rata – rata kelas 60,35 dan ketuntasan klasikal sebesar 20,59 % . Pada hasil post-test siklus I diperoleh nilai rata – rata sebesar 74,12 dengan ketuntasan klasikal 47,06%. Dimana terjadi peningkatan sebesar 13,77 dengan nilai N-Gain 0,23 yang masuk kedalam kategori rendah. Dan siklus II untuk pre-test diperoleh nilai rata – rata 66,44 dengan ketuntasan klasikal 32,35%. Sedangkan pada hasil post-test diperoleh nilai rata – rata 85,26 dengan ketuntasan klasikal 88, 24%. Di siklus II
peningkatan rata – rata sebesar 18,71 dann nilai N-Gain yang diperoleh 0,50 termasuk kedalam kategori sedang dan sudah mencapai indikator keberhasilan siklus. Maka, berdasarkan hasil penelitian ini, hasil belajar siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Tigabinanga dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 049 |
Keywords: | Problem based learning; Hasil belajar; Program linear |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 08:21 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53573 |