Hutasoit, Lasma Ivana Maria (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI SMP GEMA BUWANA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183311048 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
2. NIM 4183311048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
3. NIM 4183311048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4. NIM 4183311048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM 4183311048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
9. NIM 4183311048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
13. NIM 4183311048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
14. NIM 4183311048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui kepraktisan bahan ajar pembelajaran matematika berbasis media interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas VIII SMP Gema Buwana; (2) mengetahui keefektifan bahan ajar
pembelajaran matematika berbasis media interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas VIII SMP Gema Buwana; (3) mengetahui peningkatan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar pembelajaran matematika
berbasis media interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash. Penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model ADDIE. Objek dari penelitian ini yaitu pengembangan bahan ajar berbasis media
interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) bahan ajar berbasis media interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 diperoleh dari hasil angket kepraktisan guru dan siswa diperoleh rata-rata bahan ajar yang dikembangkan yaitu 87,55% dengan kategori “sangat praktis”; (2) keefektifan bahan ajar berbasis media interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 diperoleh dari hasil tes siswa yaitu 86,67% dengan kategori “sangat efektif”; (3) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan bahan ajar berbasis media interaktif
menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 diperoleh dari hasil analisis N-Gain yaitu dengan persentase 66,45% yang termasuk kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 043 |
Keywords: | Bahan ajar; Media interaktif; Macromedia flash; Komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 07:45 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53572 |