Harahap, Ilmi Fadila (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI MTS NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4181111020 COVER.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
2. NIM.4181111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
3. NIM.4181111020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
4. NIM.4181111020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. NIM.4181111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
9. NIM.4181111020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
13. NIM.4181111020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
14. NIM.4181111020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Geogebra di kelas VIII-1 MTs Nurul Islam Indonesia Medan tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 MTs Nurul Islam Indonesia Medan yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah lembar observasi guru, tes kemampuan penalaran matematis dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan disetiap akhir siklus diberikan tes kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil tes kemampuan penalaran masalah matematis siswa mengalami peningkatan dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Pada tes awal secara klasikal diperoleh 4 siswa (20%) tuntas dan rata-rata kemampuan tes awal ialah 56,29 dengan tingkat kemampuan kategori sangat rendah. Pada tes siklus I secara klasikal diperoleh 4 siswa (20%) tuntas dan rata-rata tes kemampuan diperoleh 57,22 dengan tingkat kemampuan kategori sangat rendah. Kemudian pada tes siklus II mengalami peningkatan secara klasikal diperoleh 17 siswa (85%) tuntas dan rata-rata kemampuan diperoleh 89,44 dengan tingkat kemampuan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi geogebra untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di MTs Nurul Islam Indonesia Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 026 |
Keywords: | Project based learning; Penalaran matematis; Geogebra; Kubus; Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 07:06 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53567 |