PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI MTS NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN

Harahap, Ilmi Fadila (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI MTS NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.4181111020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4181111020 COVER.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4181111020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4181111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.4181111020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.4181111020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.4181111020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.4181111020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4181111020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4181111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.4181111020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.4181111020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.4181111020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4181111020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.4181111020 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.4181111020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Geogebra di kelas VIII-1 MTs Nurul Islam Indonesia Medan tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 MTs Nurul Islam Indonesia Medan yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah lembar observasi guru, tes kemampuan penalaran matematis dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan disetiap akhir siklus diberikan tes kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil tes kemampuan penalaran masalah matematis siswa mengalami peningkatan dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Pada tes awal secara klasikal diperoleh 4 siswa (20%) tuntas dan rata-rata kemampuan tes awal ialah 56,29 dengan tingkat kemampuan kategori sangat rendah. Pada tes siklus I secara klasikal diperoleh 4 siswa (20%) tuntas dan rata-rata tes kemampuan diperoleh 57,22 dengan tingkat kemampuan kategori sangat rendah. Kemudian pada tes siklus II mengalami peningkatan secara klasikal diperoleh 17 siswa (85%) tuntas dan rata-rata kemampuan diperoleh 89,44 dengan tingkat kemampuan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi geogebra untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di MTs Nurul Islam Indonesia Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 026
Keywords: Project based learning; Penalaran matematis; Geogebra; Kubus; Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:06
Last Modified: 15 Nov 2023 07:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53567

Actions (login required)

View Item
View Item