Maulana, Erlan (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA DI SMP SWASTA YPAK PTPN III SEI KARANG T. A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152111010 COVER.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
2. NIM. 4152111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4. NIM. 4152111010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
5. NIM. 4152111010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 4152111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
10. NIM. 4152111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
14. NIM. 4152111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
15. NIM. 4152111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui Pendekatan Reciprocal Teaching berbantuan Geogebra. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), dimana pelaksanaannya terdiri dari siklus-siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan pengumpulan data, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Swasta YPAK PTPN III Sei Karang yang berjumlah 36 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII-C SMP Swasta YPAK PTPN III Sei Karang. Sebelum tindakan dilakukan, terlebih dahulu dilakukan tes dan observasi awal untuk mengetahui kemampuan komunikasi awal siswa. Pada siklus I, pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan reciprocal teaching berbantuan geogebra dan kemudian dilakukan tes komunikasi I di pertemuan terakhir, begitu juga untuk siklus II. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diperoleh setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan pendekatan reciprocal teaching berbantuan geogebra. Berdasarkan data yang diperoleh, terjadi peningkatan jumlah siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal pada kriteria sedang sebesar 55,6%, dimana sebanyak 24 siswa (66,7%) telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal pada kriteria sedang. Nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 57%, dimana penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan komunikasi matematis siswa melalui reciprocal teaching berbantuan geogebra berhasil meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-C SMP Swasta YPAK PTPN III Sei Karang T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 002 |
Keywords: | Reciprocal teaching; Komunikasi matematis; Geogebra; Kubus; Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 07:42 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53560 |