Sitepu, Edwin Gabril (2022) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMPS SULTAN ISKANDAR MUDA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183111103 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM. 4183111103 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
3. NIM. 4183111103 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
4. NIM. 4183111103 PREFACE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 4183111103 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
9. NIM. 4183111103 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
13. NIM. 4183111103 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
14. NIM. 4183111103 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh video animasi pembelajaran menggunakan Sparkol Videoscribe yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa untuk materi relasi dan fungsi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi untuk angket respon siswa dan guru terhadap video animasi pembelajaran, lembar validasi untuk media dan materi, tes kemampuan pemahaman konsep matematis.Setelah seluruh instrumen dan video animasi pembelajaran dinyatakan valid, selanjutnya dilakukan uji coba berupa uji coba perorangan dan kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengembangan video animasi pembelajaran menggunakan Sparkol Videoscribe sudah memenuhi kriteria kevalidan yang didasarkan penilaian validator dengan hasil rata-rata validasi media dan materi memperoleh persentase 95% dan 97% serta masing-masing berada di kategori sangat valid, (2) Pengembangan video animasi pembelajaran menggunakan Sparkol Videoscribe sudah memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil angket respon guru dan siswa terhadap video animasi pembelajaran menunjukkan persentase kepraktisan sebesar 87% dan 90% dengan kategori sangat praktis, (3) Pengembangan video animasi pembelajaran menggunakan Sparkol Videoscribe telah memenuhi kriteria efektif dimana: a) kertuntasan belajar secara klasikal memperoleh 86%; b) lebih dari 65% siswa mencapai 75% tujuan pembelajaran untuk setiap indikator; c) Respon siswa yang memberikan persentase sebesar 87%. Pada uji Gain dalam kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan video animasi pembelajaran menggunakan Sparkol Videoscribe mengalami peningkatan 0,77 sehingga berada di kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 035 |
Keywords: | Video animasi; Sparkol videoscribe; Pemahaman konsep matematis; Relasi dan fungsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 04:42 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53556 |