Masitha, Cica (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL OPEN ENDED DI KELAS VIII-B SMPS IT AL-HIJRAH MEDAN TA 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181111010 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 4181111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
3. NIM 4181111010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM 4181111010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM 4181111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
9. NIM 4181111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
13. NIM 4181111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM 4181111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran open ended di kelas VIII-B SMPS IT Al-Hijrah Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui tahapan pembelajaran bersiklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPS IT Al-Hijrah Medan yang berjumlah 17 orang dan objek pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran open ended pada materi pola bilangan. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Intrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa pada materi pola bilangan saat diterapkan model open ended, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar pada saat menerapkan model open ended. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran open ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII-B SMPS IT Al-Hijrah Medan TA 2022/2023, yaitu pada siklus I persentase ketuntasan hanya 47,05% (8 siswa) dengan rata-rata 62,86 dan pada siklus II menjadi 88,23% (15 siswa) dengan nilai rata-rata 82,72. Sehingga siswa sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal yaitu (≥ 85%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model open ended pada materi pola bilangan di kelas VIII-B SMPS IT Al-Hijrah Medan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 074 |
Keywords: | Berpikir kreatif; Open ended; Pola bilangan; Aritmatika; Geometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 07:45 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53550 |