Sipahutar, Charral Erikson (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 35 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183311047 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM 4183311047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. NIM 4183311047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM 4183311047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
5. NIM 4183311047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
9. NIM 4183311047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
13. NIM 4183311047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
14. NIM 4183311047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis game based learning yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi pola bilangan di SMP Negeri 35 Medan. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII-5 SMP Negeri 35 Medan yang berjumlah 32 orang. Objek dari penelitian ini adalah peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada materi pola bilangan dengan model pembelajaran game based learning pada kelas VIII-5 SMP Negeri
35 Medan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu dimana pada setiap akhir siklus siswa diberikan tes untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 18 siswa (64,28%) sedangkan 14 siswa (35,72%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas
73,66. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan kombinatorik siswa, dimana jumlah siswa yang telah mecapai ketuntasan meningkat menjadi 24 siswa (85,71%) sedangkan 8 siswa (14,29%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 86,38. Tingkat ketuntasan siswa dari tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang diberikan pada siklus II mencapai kategori baik, oleh sebab itu pembelajaran ini dikatakan telah tercapai. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulakam bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran game based learning pada materi pola bilangan kelas VIII-5 di SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 087 |
Keywords: | Game based learning; Pemahaman konsep matematis; Pola bilangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 04:56 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53548 |