STUDI LITERATUR PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Manalu, Amdani (2022) STUDI LITERATUR PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.4151111002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4151111002 COVER.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4151111002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4151111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.4151111002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.4151111002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.4151111002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.4151111002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4151111002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4151111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.4151111002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM.4151111002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM.4151111002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM.4151111002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.4151111002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4151111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dalam kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian yang dipakai ialah menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan lima artikel penelitian yang terkait untuk dibaca dan kemudian dikaji. Setelah dikumpulkan dilakukan pengujian dengan teknik analisis data dekskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari lima artikel penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan lembar data artikel model pembelajaran secara keseluruhan mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan nilai effect sizenya sebesar 0,78. Dengan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning maka kemampuan penalaran matematis siswa menjadi meningkat lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 086
Keywords: Penalaran matematis; Discovery learning; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Nov 2023 04:29
Last Modified: 09 Nov 2023 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53545

Actions (login required)

View Item
View Item