Manalu, Amdani (2022) STUDI LITERATUR PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4151111002 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NIM.4151111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
3. NIM.4151111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4. NIM.4151111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. NIM.4151111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
8. NIM.4151111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
12. NIM.4151111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
13. NIM.4151111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dalam kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian yang dipakai ialah menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan lima artikel penelitian yang terkait untuk dibaca dan kemudian dikaji. Setelah dikumpulkan dilakukan pengujian dengan teknik analisis data dekskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari lima artikel penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan lembar data artikel model pembelajaran secara keseluruhan mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan nilai effect sizenya sebesar 0,78. Dengan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning maka kemampuan penalaran matematis siswa menjadi meningkat lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 086 |
Keywords: | Penalaran matematis; Discovery learning; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53545 |