Tumanggor, Yosua (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERINTEGRASI PADA MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN BANTUAN GEOGEBRA TERHADAP SISWA KELAS X SMA SWASTA BINA BERSAUDARA MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183111114 COVER.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
2. 4183111114 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
3. 4183111114 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
4. 4183111114 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. 4183111114 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
9. 4183111114 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
13. 4183111114 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
14. 4183111114 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model pembelajaran Prblem Solving Terintegrasi pada pendekatan saintifik dengan bantuan geogebra terhadap siswa kelas X SMA Swasta Bina Bersaudara Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-MIA SMA Swasta Bina Bersaudara Medan sebanyak 47 siswa. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran melalui model pembelajaran Prblem Solving Terintegrasi pada
pendekatan saintifik dengan bantuan geogebra pada materi Nilai Mutlak di kelas X-MIA SMA Swasta Bina Bersaudara Medan. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan Siklus II terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes awal kemampuan penalaran matematis, observasi, tes kemampuan penalaran matematis, angket respon siswa dan dokumentasi untuk melengkapi hasil catatan lapangan yang diteliti. Dari tes kemampuan awal, diperoleh skor rata- rata siswa adalah 2,41 termasuk dalam kategori rendah dan 42,55% yang tuntas. Setelah diberikan tindakan pada siklus I dan diberikan tes kemampuan penalaran
matematis, diperoleh skor rata- rata siswa 2,79 termasuk dalam kategori sedang dengan (53,19%) yang tuntas. Dalam siklus I, persentase ketuntasan penalaran matematis belum tercapai maka dilakukan siklus II. Setelah diberikan tindakan pada siklus II dan diberikan tes kemampuan penalaran matematis, diperoleh ratarata skor 3,03 dalam kategori baik dan 87,23% telah tuntas. Dari siklus I ke siklus II, diperoleh peningkatan skor rata- rata serta persentase ketuntasan penalaran matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 030 |
Keywords: | Penalaran matematis; Problem solving; Pendekatan saintifik; Geogebra; Nilai mutlak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 08:30 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53540 |