Sativa, Oryza (2022) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMA SWASTA AMIR HAMZAH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181131010 COVER.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
2. NIM 4181131010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
3. NIM 4181131010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4. NIM 4181131010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM 4181131010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
6. NIM 4181131010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM 4181131010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
11. NIM 4181131010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan saintifik dengan media PowerPoint dan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional dan
media PowerPoint (2) mengetahui respon siswa terhadap pendekatan saintifik dengan media PowerPoint pada pokok bahasan ikatan kimia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Swasta Amir Hamzah Medan, sebanyak 40
siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA-2 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan pendekatan saintifik dan media PowerPoint, sedangkan kelas kontrol diajarkan dengan model konvensional dan media PowerPoint. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan non tes. Instrumen tes sebagai alat pengumpul data hasil belajar berupa tes objektif pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas,
reliablilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Instrumen non tes sebagai alat untuk mengetahui respon siswa berupa kuesioner atau angket menggunakan rumus persentase jawaban dari kuesioner. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 24,00 dan rata-rata pretest kelas kontrol adalah 21,25. Setelah diberi perlakuan diperoleh rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 88,75 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 81,50. Analisis data menggunakan uji Independent Sample t-Test pada taraf
signifikan 0,05, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Setelah dianalisis, diperoleh kriteria nilai sig.(2-tailed) < 0,05 atau 0,03 < 0,05, sehingga Ha diterima
yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik dan media PowerPoint pada materi ikatan kimia. Kemudian rata-rata respon siswa terhadap pendekatan saintifik dan media
PowerPoint pada materi ikatan kimia memiliki persentase 80,25% dan dikategorikan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 099 |
Keywords: | Pendekatan saintifik; PowerPoint; Hasil belajar; Ikatan kimia; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 07:26 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53539 |