PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMA SWASTA AMIR HAMZAH MEDAN

Sativa, Oryza (2022) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMA SWASTA AMIR HAMZAH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4181131010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4181131010 COVER.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4181131010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4181131010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4181131010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4181131010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4181131010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4181131010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4181131010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4181131010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4181131010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4181131010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4181131010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4181131010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 4181131010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
11. NIM 4181131010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan saintifik dengan media PowerPoint dan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional dan
media PowerPoint (2) mengetahui respon siswa terhadap pendekatan saintifik dengan media PowerPoint pada pokok bahasan ikatan kimia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Swasta Amir Hamzah Medan, sebanyak 40
siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA-2 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan pendekatan saintifik dan media PowerPoint, sedangkan kelas kontrol diajarkan dengan model konvensional dan media PowerPoint. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan non tes. Instrumen tes sebagai alat pengumpul data hasil belajar berupa tes objektif pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas,
reliablilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Instrumen non tes sebagai alat untuk mengetahui respon siswa berupa kuesioner atau angket menggunakan rumus persentase jawaban dari kuesioner. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 24,00 dan rata-rata pretest kelas kontrol adalah 21,25. Setelah diberi perlakuan diperoleh rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 88,75 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 81,50. Analisis data menggunakan uji Independent Sample t-Test pada taraf
signifikan 0,05, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Setelah dianalisis, diperoleh kriteria nilai sig.(2-tailed) < 0,05 atau 0,03 < 0,05, sehingga Ha diterima
yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik dan media PowerPoint pada materi ikatan kimia. Kemudian rata-rata respon siswa terhadap pendekatan saintifik dan media
PowerPoint pada materi ikatan kimia memiliki persentase 80,25% dan dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 099
Keywords: Pendekatan saintifik; PowerPoint; Hasil belajar; Ikatan kimia; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:26
Last Modified: 08 Nov 2023 07:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53539

Actions (login required)

View Item
View Item