Barus, Putri Carolin (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS HYPERLINK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183331029 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 4183331029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
3. NIM 4183331029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4. NIM 4183331029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. NIM 4183331029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM 4183331029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
13. NIM 4183331029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
14. NIM 4183331029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan media PowerPoint berbasis hyperlink lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan media PowerPoint berbasis hyperlink. (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing dan media PowerPoint berbasis hyperlink. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA MAS PAB 1 Sampali. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan total sampling. Sampel diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data hasil belajar berupa tes objektif pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda setiap soalnya. Hasil hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan) dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh harga thitung > ttabel = 5,769 > 1,67. Sehingga Ha diterima yang menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan media PowerPoint berbasis hyperlink lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan media PowerPoint berbasis hyperlink. Dengan N-gain 81,06% pada kelas eksperimen dan 68,18% pada kelas kontrol. Respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing dan media PowerPoint berbasis hyperlink pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit memiliki persentase 80,76% dan dikategorikan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 053 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; PowerPoint; Hyperlink; Hasil belajar; Larutan elektrolit; Larutan nonelektrolit |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 03:09 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53532 |