Sitompul, Octaviani (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MELALUI LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183311023 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 4183311023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
3. NIM. 4183311023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4. NIM. 4183311023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 4183311023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM. 4183311023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
13. NIM. 4183311023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14. NIM. 4183311023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis problem based learning melalui lesson study lebih baik daripada pembelajaran biasa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022; (2) mengetahui ada tidaknya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis (tinggi, sedang dan rendah) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dan kelas yang terpilih yaitu XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes kemampuan awal matematis dan soal posttest. Pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan software SPSS yaitu uji t pihak kanan dan uji anava dua arah. Tetapi sebelumnya, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil uji prasyarat, diperoleh bahwa data dalam penelitian berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengaruh pembelajaran berbasis problem based learning melalui lesson study lebih baik daripada pembelajaran biasa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis (tinggi, sedang dan rendah) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 139 |
Keywords: | Problem based learning; Pembelajaran biasa; Lesson study; Kemampuan awal matematis; Hasil belajar; Barisan; Deret |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 09:37 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 09:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53520 |