Sinaga, Klinton P. (2022) PEMETAAN SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI S1 TAHUN KELULUSAN 2017-2019 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153141027 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
3. NIM. 4153141027 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. NIM. 4153141027 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
6. NIM. 4153141027 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
7. NIM. 4153141027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
11. NIM. 4153141027 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
15. NIM. 4153141027 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
16. NIM. 4153141027 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat pemetaan penulisan skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi S1 tahun kelulusan 2017-2019 Universitas Negeri Medan berdasarkan aspek tema, metode, jenis sampel, dan teknik pengambilan sampel penelitian yang digunakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai September 2021 di Digital Library Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi tahun 2017-2019 dengan jumlah 557 skripsi. Sampel penelitian yang digunakan berasal dari skripsi tahun 2017 sebanyak 37 skripsi, pada skripsi tahun 2018 berjumlah 31 skripsi, dan pada skripsi tahun 2019 sebanyak 37 skripsi. Total sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 105 skripsi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan melakukan pegamatan langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat sebanyak 15 tema penelitian, 7 metode penelitian, 7 jenis sampel penelitian, dan 4 teknik pengambilan sampel penelitian. Penulisan skripsi mahasiswa cenderung melakukan penelitian dengan tema Model Pembelajaran (22%), metode penelitian Deskriptif (46%), jenis sampel Siswa (73%), dan teknik pengambilan sampel Random Sampling (59%). Perkembangan penulisan skripsi mahasiswa mengarah pada jenis penelitian Deskriptif dengan tema penelitian yang selalu digunakan seerti Model Pemelajaran, Kemampuan Siswa, Kegiatan Belajar, Hasil Belajar, Media Belajar, Bahan Ajar, Analisis Butir Soal, Sumber Belajar, dan Sarana Prasarana. Jenis sampel Siswa paling banyak ditemukan dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 120 |
Keywords: | Pemetaan ilmu pengetahuan; Pendidikan biologi; Skripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 09:07 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 09:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53499 |