Febriyanti, Febi (2022) PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173341023 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 4173341023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3. NIM 4173341023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4. NIM 4173341023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM 4173341023 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
9. NIM 4173341023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
13. NIM 4173341023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM 4173341023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Perkembangan teknologi semakin mempengaruhi dunia pendidikan
sehingga menuntut pendidik untuk dapat mengaplikasikan media berbasis teknologi dan kurangnya variasi media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat digunakan oleh guru dapat menjadi hambatan dalam mengaplikasikan media pembelajaran berbasis teknologi di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Articulate storyline 3 pada materi Virus yang layak berdasarkan respon guru, dan respon siswa serta pengaruh
penggunaan multimedia interaktif berbasis Articulate storyline 3 pada materi Virus terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Medan pada November 2021 - Februari 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan soal objektif sebagai instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Medan dengan jumlah sampel sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas sampel dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes kognitif, angket kelayakan dan respon. Pengumpulan data dilakukan menggunakan soal test dan kuisioner berskala 5 dan diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelayakan multimedia interaktif berbasis Articulate storyline 3 pada materi virus berdasarkan penilaian respon guru 96% dan respon siswa 92,2% sehingga media dikategorikan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Virus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 115 |
Keywords: | Multimedia; Hasil belajar; Articulate storyline 3; Virus; Media interaktif; Teknologi pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 06:10 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 06:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53496 |