Candrayani, Dita (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM SISWA KELAS X MIA MAS ISLAMIYAH LONDUT LABUHANBATU UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183341034 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 4183341034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3. NIM 4183341034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM 4183341034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM 4183341034 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. NIM 4183341034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
13. NIM 4183341034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
14. NIM 4183341034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media berbasis lingkungan pada materi ekosistem dan pengaruh media pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi ekosistem. hal ini di latar belakangi oleh prestasi siswa yang rendah. Dimana siswa kurang gigih dalam belajar, kurang tertarik pada materi biologi, dan kurang menghakimi dalam menyeimbangkan ide serta kurangnya fasilitas belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan saintifik, yang digunakan untuk memeperoleh data. Penelitian ini menggunakan desain pretest- postest, Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X MIA MAS Islamiyah Londut Labuhanbatu Utara sebanyak 2 kelas dengan jumlah masing – masing siswa 30 siswa perkelas, sempel pada penelitian ini merupakan sampel total yang mana cakupan sejumlah populasi pada penelitian ini. Dari hasil penelitian, nilai hasil belajar siswa yang diajar menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran lebih tinggi (88,4 ± 5,7) dibandingkan nilai hasil belajar yang diajarkan tanpa menggunakan media berbasis lingkungan (84,8 ± 7,2). Di mana terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan media pembelajaran berbasis lingkungan di kelas X MIA MAS Islamiyah Londut T.P. 2021/2022 pada taraf signifikan 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 079 |
Keywords: | Media pembelajaran; Lingkungan; Ekosistem; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 04:42 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53493 |