Lubis, Salsabila Putri (2022) ANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA MATERI SISTEM RESPIRASI PADA ERA COVID-19 DI SMA NEGERI KECAMATAN MEDAN KOTA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4181141029 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. 4181141029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. 4181141029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. 4181141029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. 4181141029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. 4181141029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
13. 4181141029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
14. 4181141029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kategori komponen TPACK dan persepsi siswa terhadap Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran biologi kelas XI IPA materi respirasi pada era Covid-19 di SMA Negeri Kecamatan Medan Kota. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga April 2022. Populasi penelitian adalah seluruh sekolah SMA negeri di Kecamatan Medan Kota. Sampel penelitian adalah seluruh guru biologi dan siswa kelas XI IPA di SMAN 6 Medan dan SMAN 10 Medan. Instrumen penelitian berupa tes TPACK, Self assessment TPACK, Kuesioner persepsi siswa dan wawancara siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh terkait tingkat kategori komponen Technological Pedagogic and Content Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran biologi kelas XI IPA materi system respirasi pada era covid-19 di SMA Negeri kecamatan Medan Kota jika diuraikan terdiri dari 7 komponen TPACK yaitu: 1) Pada kategori kurang baik terdiri dari aspek Pedagogical Knowledge (PK) dan aspek Technological Pedagogic Knowledge (TPK), 2) Pada kategori cukup baik terdapat pada aspek Technological Knowledge (TK), 3) Pada kategori baik terdiri dari aspek Technological Content Knowledge (TCK), aspek Pedagogical Conten Knowledge (PCK) dan Technological Pedagogic Content Knowledge ( TPCK), 4) Pada kategori sangat baik terdapat pada aspek Content Knowledge (CK). Hasil penelitian terhadap tingkat persepsi siswa terkait penerapan TPACK yaitu: 1) Pada kategori kurang baik terdiri dari aspek Pedagogical Knowledge (PK) dan aspek Technological Pedagogic Knowledge (TPK), 2) Pada kategori cukup baik terdapat pada aspek Technological Knowledge (TK), 3) Pada kategori baik terdiri dari aspek Technological Content Knowledge (TCK), aspek Pedagogical Conten Knowledge (PCK) dan Technological Pedagogic Content Knowledge ( TPCK), 4) Pada kategori sangat baik terdapat pada aspek Content Knowledge (CK).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 086 |
Keywords: | Sistem pernapasan; Pembelajaran daring; Pembelajaran tatap muka; Blended learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 07:03 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53485 |