Pakpahan, Yosafat (2022) MODUL BERBASIS INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PROSES PENYELIDIKAN SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMAN 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182121009 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4182121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. NIM 4182121009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4. NIM 4182121009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
5. NIM 4182121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
9. NIM 4182121009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
13. NIM 4182121009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
14. NIM 4182121009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis investigasi kelompok pada materi gelombang bunyi yang layak digunakan untuk proses pembelajaran fisika, mengetahui respon pengguna terhadap modul yang dikembangkan, serta mengukur keefektifan modul dalam meningkatkan pemahaman konsep dan proses penyelidikan siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk (1974). Penelitian ini dibatasi sampai tiga tahapan yaitu define, design, dan development. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Medan dengan melibatkan 30 orang siswa kelas XI IPA5. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari Maret-April 2022. Hasil penelitian menunjukkan uji validitas atau kelayakan oleh ahli materi diperoleh persentase penilaian sebesar 86,9%, dengan kriteria penilaian kualitatif sangat layak. Penilaian ahli media diperoleh persentase penilaian sebesar 86,4%, dengan kriteria penilaian kualitatif sangat layak. Uji kelayakan dari guru diperoleh persentase penilaian sebesar 93,7%, dengan kriteria penilaian kualitatif sangat layak. Untuk uji skala kecil diperoleh persentase penilaian sebesar 86,98%, dengan kriteria penilaian kualitatif sangat layak. Uji skala besar diperoleh persentase penilaian sebesar 89%, dengan kriteria penilaian kualitatif sangat layak. Keefektifan modul dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa termasuk ke dalam kriteria tinggi, dengan nilai rata-rata gain yang didapatkan sebesar 0,80. Untuk proses penyelidikan siswa modul tergolong ke dalam kriteria baik, dengan persentase penilaian yang di dapatkan sebesar 88,1%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 061 |
Keywords: | Investigasi kelompok; Kelayakan modul; Pemahaman konsep; Proses penyelidikan; Gelombang bunyi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 03:15 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53480 |