PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DAN PERHITUNGAN KIMIA

Fabella, Yayang (2022) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DAN PERHITUNGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.4183331021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4183331021 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4183331021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4183331021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.4183331021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.4183331021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.4183331021  PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.4183331021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4183331021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4183331021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.4183331021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.4183331021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.4183331021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4183331021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.4183331021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.4183331021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas siswa dan korelasi yang signifikan antara hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Numbered Head Together (NHT) pada materi hukum dasar kimia dan perhitungan kimia di SMA Negeri 2 Tanjung Morawa. Sampel pada penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada penelitian ini menggunakan instrument tes dan non tes yang telah diuji cobakan dan serta valid, reliabel r11= 0,85 sedangkan rtabel = 0,374. Dari hasil analisis data diperoleh untuk hasil belajar dan aktivitas siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana untuk hasil belajar yang didapat dari kedua kelompok sampel homogen (1,31 < 1,875) berdistribusi normal (1,75 < 11,07) dan aktivitas belajar yang didapat dari kedua kelompok sampel berdistribusi normal (7,1 < 11,07) Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t-satu pihak pada taraf signifikan 5% = (α = 0,05) menunjukkan bahwa hasil diperoleh pada hasil belajar thitung > ttabel (8,63 > 1,67) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dan pada aktivitas belajar menunjukkan bahwa thitung > ttabel (8,39 > 1,67) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih tinggi daripada aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada materi Hukum Dasar Kimia dan Perhitungan Kimia. Pada uji korelasi dilakukan untuk mengetahui pengaruh peningkatan hasil belajar siswa terhadap aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung > rtabel (0,742 > 0,361) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat korelasi yang signifikan antara hasil belajar dengan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada hukum dasar kimia dan perhitungan kimia. Hasil korelasi kedua variabel termasuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 043
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Think talk write; Numbered head together; Hukum dasar kimia; Stoikiometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:21
Last Modified: 23 Oct 2023 08:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53459

Actions (login required)

View Item
View Item