Fathonah, Yasmin Nurul (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER UNTUK MENGUKUR MISKONSEPSI SISWA KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4183131036 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM.4183131036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
3. NIM.4183131036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM.4183131036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
5. NIM.4183131036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
8. NIM.4183131036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
12. NIM.4183131036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
13. NIM.4183131036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mendeteksi miskonsepsi siswa yang terjadi pada konsep struktur atom berdasarkan hasil diagnosis siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa dan menunjukan sub konsep yang mengalami miskonsepsi tinggi maupun rendah. Penelitian ini dilaksanakan pada Oktober 2021- Februari 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pengembangan ADDIE. Metode yang digunakan adalah tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Tes diagnostik yang dikembangkan adalah tes diagnostik three tier multiple choice yang terdiri dari pilihan jawaban, alasan dan tingkat keyakinan. Hasil validasi oleh validator menunjukan instrumen yang dikembangan valid. Validitas tes yang dikembangkan sebanyak 16 butir soal valid dan soal yang tidak valid sebanyak 4 butir soal. Hasil uji coba reliabilitas menunjukan angkat reliabilitas sebesar 0,82. Persentase miskonsepsi tertinggi yaitu pada konsep konfigurasi elektron sebesar 52% dan persentase miskonsepsi terendah pada konsep penyusun partikel atom (proton, elektron, dan neutron) sebesar 21,17%. persentase siswa yang memahami konsep struktur atom yaitu sebesar 23%. Persentase kategori tidak memahami konsep struktur atom sebesar 32% dan persentase kategori miskonsepsi konsep struktur atom sebesar 45%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 064 |
Keywords: | Miskonsepsi; Struktur atom; Tes diagnostik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 08:10 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53458 |