Pane, Rizky Fadilah (2022) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4181131027 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM.4181131027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
3. NIM.4181131027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM.4181131027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
5. NIM.4181131027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
9. NIM.4181131027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
13. NIM.4181131027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM.4181131027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi siswa, perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar berbasis masalah dan bahan ajar pegangan siswa serta bagaimana respon siswa terhadap bahan ajar berbasis masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kejuruan Muda yang terdiri dari enam kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Cluster Random Sampling sebanyak 2 kelas yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan bahan ajar berbasis masalah dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan buku pegangan siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar laju reaksi berupa pilihan berganda, dan instrumen non tes berupa angket motivasi serta respon siswa. Data dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas untuk mengetahui data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t (pihak kanan) untuk mengetahui pengaruh model dan bahan ajar terhadap hasil belajar siswa dengan taraf signifikansi 0,05 serta uji n-gain untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh bahan ajar berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi siswa, dimana hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol (77,83 > 71,33), ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar berbasis masalah dan bahan ajar pegangan siswa dan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis masalah memiliki persentase 76,04% dan dikategorikan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 075 |
Keywords: | Bahan ajar; Motivasi belajar; Problem based learning; Laju reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 06:38 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 06:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53452 |