Nasution, Rahma Dhani Syahfitri (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183331038 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM. 4183331038 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
3. NIM. 4183331038 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4. NIM. 4183331038 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5. NIM. 4183331038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
9. NIM. 4183331038 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
13. NIM. 4183331038 CHAPTER V. pdf.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
14. NIM. 4183331038 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat validasi modul pembelajaran pada materi koloid yang dikembangkan berbasis CTL, (2) mengetahui respon siswa terhadap modul pembelajaran berbasis CTL melalui metode eksperimen pada materi koloid, (3) mengetahui hasil belajar siswa terhadap modul pembelajaran berbasis CTL melalui metode eksperimen pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) dengan model Dick and Carey pada setiap tahapannya (perencanaan dan pengembangan, validasi, revisi (modifikasi), dan uji coba produk). Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh 3 validator ahli yang terdiri dari 2 dosen kimia dan 1 guru kimia. Rata-rata hasil analisis modul berbasis kontekstual (CTL) oleh dosen dan guru kimia yang telah dikembangkan sebesar ± 3,51. Ini adalah kriteria sangat layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar. Berdasarkan penilaian persentase tingkat ketertarikan siswa terhadap modul yang telah dikembangkan sebesar 88,67 (sangat tinggi). Menggunakan modul berbasis CTL pada pokok bahasan koloid, hasil belajar siswa meningkat menjadi 82,86% dengan skor maksimal 95 dan minimum ± 70 serta rata-rata dari posttest sebesar 83 > Nilai KKM sebesar ± 70. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji hipotesis yang dilakukan menghasilkan thitung > ttabel yaitu 11,794 > 1,690.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 042 |
Keywords: | Modul; Contextual teaching and learning; Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 04:53 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53449 |