Gultom, Elisabet Rosmadelila (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN E-LEARNING MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183131050 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. NIM. 4183131050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
3. NIM. 4183131050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM. 4183131050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 4183131050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM. 4183131050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
13. NIM. 4183131050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
14. NIM. 4183131050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran e-learning materi kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar, aktivitas siswa dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2022. Teknik pengambilan data diperoleh dengan cara tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan. Sampel penelitian yaitu terdiri 2 kelas dengan jumlah 65 siswa dengan Teknik pengambilan sampel secara acak. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran e-learning, kelas kontrol diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran e-learning materi kesetimbangan kimia terhadap peningkatan hasil belajar siswa, diperoleh nilai thitung = 9,91 > ttabel = 1,669 dan nilai N-gain kelas kelas eksperimen 0,77 dengan kategori tinggi, sedangkan N-gain kelas kontrol yaitu 0,56 dengan kategori sedang. (2) aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sangat positif atau baik sekali terhadap, diperoleh persen rata-rata yaitu 81,83% dengan kualifikasi “baik sekali”. (3) siswa pada kelas eksperimen menunjukkan respon yang positif atau baik dalam proses pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas, diperoleh persen rata-rata respon yaitu 76,55% dengan kualifikasi “baik”. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran e-learning baik untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 049 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis proyek; Kesetimbangan kimia; E-learning; Hasil belajar; Aktivitas siswa; Respon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 05:45 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 05:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53431 |