PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN E-LEARNING MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Gultom, Elisabet Rosmadelila (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN E-LEARNING MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4183131050 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4183131050 COVER.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4183131050 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4183131050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4183131050 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4183131050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4183131050 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4183131050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4183131050 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4183131050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4183131050 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4183131050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4183131050 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4183131050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4183131050 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4183131050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran e-learning materi kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar, aktivitas siswa dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2022. Teknik pengambilan data diperoleh dengan cara tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan. Sampel penelitian yaitu terdiri 2 kelas dengan jumlah 65 siswa dengan Teknik pengambilan sampel secara acak. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran e-learning, kelas kontrol diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran e-learning materi kesetimbangan kimia terhadap peningkatan hasil belajar siswa, diperoleh nilai thitung = 9,91 > ttabel = 1,669 dan nilai N-gain kelas kelas eksperimen 0,77 dengan kategori tinggi, sedangkan N-gain kelas kontrol yaitu 0,56 dengan kategori sedang. (2) aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sangat positif atau baik sekali terhadap, diperoleh persen rata-rata yaitu 81,83% dengan kualifikasi “baik sekali”. (3) siswa pada kelas eksperimen menunjukkan respon yang positif atau baik dalam proses pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas, diperoleh persen rata-rata respon yaitu 76,55% dengan kualifikasi “baik”. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran e-learning baik untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 049
Keywords: Pembelajaran berbasis proyek; Kesetimbangan kimia; E-learning; Hasil belajar; Aktivitas siswa; Respon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Oct 2023 05:45
Last Modified: 12 Oct 2023 05:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53431

Actions (login required)

View Item
View Item