PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KIMIA UNO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA SISWA SMA KELAS X IPA

Aprilia, Dinda (2022) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KIMIA UNO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA SISWA SMA KELAS X IPA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173331015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173331015 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173331015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173331015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173331015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173331015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173331015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173331015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 5, NIM 4173331015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5, NIM 4173331015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173331015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173331015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173331015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173331015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173331015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173331015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media pembelajaran kartu kimia UNO dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA MAS Al-Ikhlas Bah Jambi pada materi tata nama senyawa kimia. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA MAS Al-Ikhlas Bah Jambi. Sampel dalam penelitian ini diambil secara Purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu X MIPA 2 sebagai kelas ekperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diajarkan menggunakan media media kartu kimia UNO, sementara pada kelas kontrol diajarkan dengan bahan ajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kimia materi tata nama senyawa. Teknik analisis data dengan statistik manual. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pihak kanan yaitu Independent-Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran kartu kimia UNO lebih baik dari pada menggunakan bahan ajar dengan perolehan nilai pretest pada kelas eksperimen sebesar 35 dan pada kelas kontrol sebesar 39 sementara hasil post-test pada kelas eksperimen sebesar 67,66 dan kelas kontrol memperoleh nilai post-test sebesar 67,83.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 102
Keywords: Kartu kimia UNO; Tata nama senyawa; Media pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Oct 2023 05:08
Last Modified: 12 Oct 2023 05:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53428

Actions (login required)

View Item
View Item