Fitria, Cindy (2022) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRE DI SMA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181131028 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4181131028 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
3.NIM 4181131028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4.NIM 4181131028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5 NIM 4181131028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9 NIM 4181131028 BAB I.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
13 NIM 4181131028 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14 NIM 4181131028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
Abstract
Banyak permasalahan dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia siswa disebabkan kurang tepatnya model dan media pembelajaran yang digunakan untuk materi/bahan ajar kimia yang bersifat abstrak, sehingga perlu penggunaan model dan media yang sesuai. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menunjukkan kelayakan penggunaan media pembelajaran lectora inspire berdasarkan kriteria BSNP; (2) Untuk menunjukan apakah model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar; (3) Untuk menunjukan capaian pembelajaran dengan membandingkan pada KKM; dan (4) Untuk menunjukan kolerasi antara motivasi dan hasil belajar dengan model discovery learning menggunakan media pembelajaran lectora inspire. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah adaptasi pada pendekatan ADDIE. Penelitian tahap implementasi penggunaan media pembelajaran lectora inspire tersebut dilakukan dengan Pre-Ekperiment Designs bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Pemilihan sampel yang dilakukan dengan teknik purposive sampling, sampel yang diteliti adalah siswa SMA Negeri 7 Medan sebanyak 41 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, angket BSNP modifikasi, dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pengembangan pembelajaran dengan media pembelajaran lectora inspire menggunakan model discovery learning pada materi ikatan kimia: (1) rata-rata kelayakan penggunaan media pembelajaran lectora inspire tersebut pada semua kriteria BNSP adalah kategori sangat layak (kelayakan isi = 3,75; kelayakan bahasa = 3,79; dan kelayakan penyajian =3,70); (2) penggunaannya berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa tersebut (dengan skor N-gain sebesar 0,80); (3) ketrcapaian pembelajaran yang diperoleh dengan model discovery learning menggunakan media pembelajaran lectora inspire lebih tinggi dari pada KKM yaitu dengan rata-rata nilai postest 88,21; dan (4) motivasi belajar siswa berkorelasi secara signifikan terhadap hasil belajarnya (dengan koefisien korelasi = 0,75 pada tingkat signifikansi 5%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 098 |
Keywords: | Lectora inspire; Discovery learning; Ikatan kimia; Model pembelajaran; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 07:49 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53425 |