Hadi, Khairil (2015) ANALISIS RPP BIOLOGI BERDASARKAN KTSP DAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN ACEH SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136174019 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 8136174019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3. NIM. 8136174019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. NIM. 8136174019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
5. NIM. 8136174019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 8136174019 TABLE.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM. 8136174019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 8136174019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM. 8136174019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
13. NIM. 8136174019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
14. NIM. 8136174019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) biologi dan perbedaan Skor rata-rata RPP biologi berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan Kurikulum 2013 di SMA Negeri Se-Kabupaten Aceh Selatan. Populasi dalam penelitian ini, yaitu semua guru biologi kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Aceh Selatan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang guru biologi kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Aceh Selatan, yang masing-masing diambil 1 orang guru biologi dari setiap sekolah. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik lembar instrumen telaah RPP yang terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Data dalam penelitian ini didapatkan atas telaah 40 RPP biologi, yang terdiri dari 20 RPP berdasarkan KTSP dan 20 RPP berdasarkan Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan : Kualitas RPP guru biologi berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA Negeri se-Kabupaten Aceh Selatan tergolong kriteria kurang baik (59,57%), sedangkan berdasar kurikulum 2013 tergolong kriteria cukup (76,24%). Terdapat perbedaan yang signifikan antara RPP biologi berdasarkan KTSP dengan berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri se-Kabupaten Aceh Selatan pada komponen materi ajar (thitung =3,047, p=0,007), metode pembelajaran (thitung =2,503 p=0,017), kegiatan pendahuluan (thitung =9,005, p=0,000), Kegiatan penutup (thitung =9,563, p=0,000), sumber belajar (thitung =5,971, p=0,000), jenis/teknik penilaian kognitif (thitung =5,349, p=0,000), instrumen penilaian pengetahuan (thitung =4,626, p=0,000), dan rubrik penilaian pengetahuan (thitung =3,148, p=0,004). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara RPP biologi berdasarkan KTSP dengan berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri se-Kabupaten Aceh Selatan pada komponen bentuk instrumen penilaian (thitung =1,148, p=0,259).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Pelaksanaan pembelajaran; Metode pembelajaran; Sumber belajar; Kurikulum; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2016 07:16 |
Last Modified: | 20 May 2016 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5342 |