Tampubolon, Teodora Tania (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 SIPAHUTAR Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4181111022 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM. 4181111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
3. NIM. 4181111022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 4181111022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5. NIM. 4181111022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. NIM. 4181111022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13. NIM. 4181111022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
14. NIM. 4181111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Sipahutar Tahun Ajaran 2021/2022”. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pre eksperimen bentuk one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X yang dimana terdiri 216 siswa pada 6 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah satu kelas X yang dipilih secara acak yaitu kelas X IPA 2 yang berjumlah 20 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang berbentuk uraian yaitu pretest tujuannya untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan posttest bertujuan untuk mengetahui kemampuan akhir siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa serta angket respon peserta didik dalam pembelajaran. Dari pengambilan data tersebut, akan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Adapun hasil yang diperoleh setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) adalah: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan uji t dimana nilai |thitung| ≥ |ttabel|. Dari nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh nilai thitung = -8,921 dan nilai ttabel = 1,729. disimpulkan bahwa nilai |thitung| ≥ |ttabel| atau |8,921| ≥ |1,729| maka H0 ditolak dan Ha diterima; (2) Nilai ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal untuk nilai posttest sebesar 90% dan yang tidak tuntas sebesar 10%; (3) Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa saat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) adalah76,7% dengan kategori aktif ; (4) Rata-rata respon peserta didik terhadap pembelajaran keseluruhan sebesar 90% atau berada dalam kategori baik dan sangat baik. Dari ketiga indikator kriteria keefektifan telah terpenuhi. Secara umum disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) efektif digunakan pada kelas X IPA-2 DI SMA Negeri 1 Sipahutar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X pada materi Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku dapat ditinjau dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, aktivitas belajar siswa dan angket respon peserta didik terhadap pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 126 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pemecahan masalah matematika; Student teams achievement divisions; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 04:47 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53414 |