Awalia, Syaputri (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII MTS. AMIN DARUSSALAM TEMBUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111102 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4183111102 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
3. NIM 4183111102 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 4183111102 PREFACE.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. NIM 4183111102 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM 4183111102 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13. NIM 4183111102 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
14. NIM 4183111102 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Time Token Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Segitiga Di Kelas VII MTs.Amin Darussalam Tembung Tahun Ajaran 2021/2022 sedemikian sehingga hasil belajar juga meningkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs.Amin Darussalam Tembung yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 158 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak, maka terpilih kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe time token dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Alat pengumpul data digunakan data angket dalam bentuk uraian, dimana terdiri dari 20 item yang sudah divalidkan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji Kolmogrov Smirnov dan homogenitas tes menggunakan test homogeneity of variance dan uji linearitas data. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa data dalam penelitian kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal,homogeny dan linear, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakuan selama dua kali pertemuan, yaitu pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,67 dan kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,33. Untuk uji hipotesis digunakan uji regresi linear sederhana dari hasil perhitungan, maka diperoleh F hitung 88,872 tingkat signifikansi sebesar 0,000 <0,05, maka tolak H_0 dan terima H_a . Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang lebih besar dan signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap motivasi belajar matematika siswa. Kemudian diperoleh nilai R square sebesar 0,961 artinya model pembelajaran kooperatif tipe time token berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs.Amin Darussalam Tembung Tahun Ajaran 2021/2022 sebesar 96,1%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 131 |
Keywords: | Motivasi belajar; Eksperimen semu; Time token; Segitiga; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 04:23 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53413 |