PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS, SIKAP ILMIAH, DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN

Harahap, Daulat Marulitua (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS, SIKAP ILMIAH, DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136174005 COVER. pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136174005 COVER. pdf.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136174005 LEMBAR PENGESAHAN. pdf..pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136174005 LEMBAR PENGESAHAN. pdf..pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136174005 ABSTRAK, ABSTRACT. pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136174005 ABSTRAK, ABSTRACT. pdf.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136174005 KATA PENGANTAR. pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136174005 KATA PENGANTAR. pdf.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136174005 DAFTAR ISI. pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136174005 DAFTAR ISI. pdf.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136174005 DAFTAR TABEL. pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136174005 DAFTAR TABEL. pdf.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136174005 DAFTAR GAMBAR. pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136174005 DAFTAR GAMBAR. pdf.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8136174005 DAFTAR LAMPIRAN. pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8136174005 DAFTAR LAMPIRAN. pdf.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136174005 BAB I. pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136174005 BAB I. pdf.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136174005 BAB V. pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136174005 BAB V. pdf.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136174005 DAFTAR PUSTAKA. pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136174005 DAFTAR PUSTAKA. pdf.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) Keterampilan proses sains; (2) Sikap ilmiah; dan (3) Hasil belajar IPA siswa dikelas VII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Kelas VII-2 dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), kelas VII-4 dengan model pembelajaran Discovery Learning (DL), sedangkan kelas VII-7 (kontrol) dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes keterampilan proses sains dan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda serta angket sikap ilmiah. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) keterampilan proses sains (F=22,70; P=0,00). Keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model PBL (64,29±12,31) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model DL (56,86±9,70), maupun model pembelajaran konvensional (46,14±7,89 ); (2) sikap ilmiah (F=15,33; P=0,00). Sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan model PBL (50,50±6,22) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model DL (45,50±9,12), maupun model pembelajaran konvensional (37,71±10,28); dan (3) hasil belajar (F=75,87; P=0,00). Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL (77,61±4,98) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran DL (71,54±5,12), maupun model pembelajaran konvensional (59,89±6,23). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran PBL ataupun DL pada materi organisasi kehidupan dalam upaya meningkatkan keterampilan proses sains, sikap ilmiah dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.707 1 Har p
Keywords: Model pembelajaran; Problem based learning; Pembelajaran konvensional; Proses sains; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 May 2016 04:42
Last Modified: 20 May 2016 04:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5336

Actions (login required)

View Item
View Item