Piliang, Fenny Mustika (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM TATANAN GROUP INVESTIGATION PADA MATAKULIAH EKOLOGI HEWAN TERHADAP SIKAP SOSIAL, BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA USI PEMATANGSIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136174010 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 8136174010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
3. NIM. 8136174010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM. 8136174010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 8136174010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM. 8136174010 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 8136174010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8136174010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 8136174010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. NIM. 8136174010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
14. NIM. 8136174010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dalam tatanan Group Investigation dan konvensional terhadap: (1) Sikap Sosial; (2) Berpikir Tingkat Tinggi; dan (3) Keterampilan Proses Sains Mahasiswa USI Pematangsiantar. Sampel diambil secara total sampling yaitu seluruh mahasiswa semester VI. Jumlah sampel sebanyak 60 orang yang dikelompokkan ke dalam kelompok eksperimen dengan model pembelajaran berbasis proyek dalam tatanan Group Investigation, kelompok eksperimen dengan model pembelajaran Group Investigation, dan kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains, dan lembar observasi sikap sosial dan keterampilan proses sains mahasiswa. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan uji F-ANAKOVA pada taraf signifikan α = 5% dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Sikap sosial mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek dalam tatanan Group Investigation 83,10 ± 4,52 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran Group Investigation 69,80 ± 4,56 dan pembelajaran konvensional 63,15 ± 8,20 dengan (Fhitung=57,005 ; P=0,000); (2) Berpikir tingkat tinggi mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek dalam tatanan Group Investigation 88,60 ± 3,73 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran Group Investigation 81,00 ± 4,01 dan pembelajaran konvensional 74,60 ± 3,58 dengan (Fhitung=67,742; P=0,000); (3) Tes keterampilan proses sains mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek dalam tatanan Group Investigation 87,60 ± 4,28 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran Group Investigation 81,50 ± 5,77 dan pembelajaran konvensional 70,40 ± 4,01 dengan (Fhitung=63,092; P=0,000). Selanjutnya observasi keterampilan proses sains mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek dalam tatanan Group Investigation 92,85 ± 4,61 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran Group Investigation 77,80 ± 7,27 dan pembelajaran konvensional 57,25 ± 8,69 dengan (Fhitung=127,856; P=0,000). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dalam tatanan Group Investigation berpengaruh terhadap sikap sosial, berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains mahasiswa USI Pematangsiantar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 591.707 11 Pil p |
Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran konvensional; Ekologi hewan; Sikap sosial; Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 May 2016 08:16 |
Last Modified: | 18 May 2016 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5312 |