Ginting, Morina (2016) TREND BERBELANJA (STUDY ANTROPOLOGI TERHADAP KECENDERUNGAN BERBELANJA DI INDOMARET DAN ALFAMART PADA ETNIS KARO DI BERASTAGI). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3113122032 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 3113122032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
3. NIM. 3113122032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 3113122032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 3113122032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 3113122032 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 3113122032 ILLSUTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3113122032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 3113122032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM. 3113122032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 3113122032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui (1) latar belakang etnis Karo berbelanja di Indomaret dan Alfamart. (2) trend berbelanja pada etnis Karo dengan adanya Indomaret dan Alfamart, (3) pandangan etnis Karo terhadap menjamurnya Indomaret dan Alfamart.
Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipasi. Data-data yang didapat dari hasil observasi partisipasi juga didukung dengan hasil wawancara yang dilakukan kepada masyarakat yang datang berbelanja ke Indomaret dan Alfamart.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa etnis Karo yang datang berbelanja ke Indomaret dan Alfamart dilatarbelakangi oleh beberapa faktor diantaranya lokasi yang strategis serta penawaran yang menarik, jarak yang berdekatan dengan tempat mereka tinggal sehingga memungkinkan pengurangan biaya transportasi, waktu buka yang lebih lama, promosi yang ditawarkan semenarik mungkin dan kelengkapan komoditas yang disediakan. Etnis Karo beranggapan bahwa dengan dibukanya Indomaret dan Alfamart dapat membantu dalam memenuhi beberapa komoditas yang mereka perlukan lebih cepat dan praktis. Konsumen yang datang berbelanja terdiri dari berbagai usia profesi dan juga jenis kelamin. Citra tempat berbelanja juga mempengaruhi keinginan konsumen dalam kecenderungan berbelanja. Citra yang baik yang disediakan oleh Indomaret dan Alfamart memberi motivasi bagi masyarakat untuk datang berbelanja tidak hanya sekali tetapi menjadikan mereka sebagai konsumen tetap. Motivasi yang ada pada diri konsumen akan mewujudkan suatu tingkah laku yang diarahkan pada tujuan yang mencapai sasaran kepuasaan. Kepuasaan yang diperoleh tersebut akan membuat konsumen melakukan hal yang sama secara berulang-ulang sehingga menjadi sebuah trend ataupun kecenderungan pada etnis Karo yang datang berbelanja di Indomaret dan Alfamart.
Kesimpulan dari hasil penelitian trend berbelanja di indomaret dan alfamart di Kecamatan Berastagi adalah benar bahwa sejak dibukanya kedua ritel ini, kecenderungan berbelanja pada etnis Karo semakin meningkat dan mereka memiliki pandangan dan juga antusias yang tinggi dengan kehadiran Indomaret dan Alfamart.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ANTRO 004 |
Keywords: | Trend; Belanja; Etnis Karo; Indomaret; Alfamart |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN357 Culture and cultural processes G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN537 Ethnic groups and races |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 May 2016 01:54 |
Last Modified: | 18 May 2016 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5300 |