Ningsih, Widia (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KEMAMPUAN BERPIKIRTINGKAT TINGGI, DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMP PLUS DARUL ILMI MURNI. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
7.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri (SPI) terhadap kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan aktivitas belajar siswa di SMP Plus Darul Ilmi Murni tentang ekosistem. Metode penelitian menggunakan quasi-eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan dengan teknik clusterrandom sampling yaitu kelas A yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri dan kelas B yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 20 soal mengacu dengan bentukCornell Critical Thinking Test Series dan tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 9 soal dalam bentuk uraian. Sedangkan Untuk mengumpulkan data tentang aktivitas belajar siswa digunakan lembaran format observasi. Teknik analisis data menggunakan Uji T (Independent Samples Test) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 19.0. Hasil penelitian menunjukan : (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran inkuiri terhadap berpikir kritis siswa pada materi pokok ekosistem kelas VII di SMP Plus Darul Ilmi Murni. Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri (61,83±11,344) lebih tinggi dibandingkan strategi pembelajaran ekspositori (59,11±13,341)dengan thit =0,704, p= 0486; (2) terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi pokok ekosistem kelas VII di SMP Plus Darul Ilmi Murni. Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri (83,70±11,211) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan strategi pembelajaran ekspositori (72,22±20,326) dengan thit =2,184, p= 0,037; (3) terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajran inkiri terhadap aktivitas siswa pada materi pokok ekosistem kelas VII di SMP Plus Darul Ilmi Murni. Aktivitas yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri (71,39±6,908) secara signfikan lebih tinggi dengan strategi pembelajaran ekspositori (49,99±8,482) dengan thit =8,835, p= 0,000.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 Nin p |
Keywords: | Berpikir kritis; Aktivitas belajar; Pembelajaran ekspositori; Pembelajaran inkuiri; Strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 May 2016 08:48 |
Last Modified: | 17 May 2016 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5292 |