Kurniawan, Muhammad Ridho (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS X SMA AR-RAHMAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1- COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2- LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3- ABSTRAK SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
4-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5- DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5- DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6- DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
7- DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
8- DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9- BAB I.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
13- BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas X SMA AR-Rahman Medan tahun pelajaran 2014/2015. Lokasi penelitian ini yaitu SMA AR-Rahman Medan Jl. Brigjen H.A.Manaf Lubis Helvetia Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 3 yaitu tes hasil belajar, lembar observasi dan angket. Pada penelitian ini teknis analisis data yang dipakai adalah metode deskriptif kuantitatif sederhana dengan rumus PPH=B/N x100% dengan kriteria persentase penilaian hasil (PPH) 0% PPH < 75% = Siswa belum tuntas dalam belajar, 75% PPH 100% = Siswa sudah tuntas dalam belajar. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar, jika dikelas telah tercapai 85% yang telah mencapai persentase penilaian hasil ≥75% maka ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai. Hasil belajar siswa pada tes awal (pre test) sebelum melakukan penelitian, jumlah siswa yang tuntas adalah 5 orang atau 15,16%, sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan untuk mata pelajaran PKn adalah 75, sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 28 orang atau 84,85% (nilai dibawah 75). Pada hasil post tes Siklus I jumlah yang tuntas sebanyak 13 orang atau 39,39%, sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 20 orang atau 60,61%. Hasil post tes siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 29 orang atau 87,87%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang atau 12,12%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas X SMA AR-Rahman Medan tahun pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKN 002 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 May 2016 03:50 |
Last Modified: | 17 May 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5278 |