PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS X SMA AR-RAHMAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Kurniawan, Muhammad Ridho (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS X SMA AR-RAHMAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1- COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1- COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 2- LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2- LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 3- ABSTRAK SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
3- ABSTRAK SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of 4-KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 5- DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
5- DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 5- DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
5- DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6- DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6- DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 7- DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7- DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 8- DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8- DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 9- BAB I.pdf]
Preview
Text
9- BAB I.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 13- BAB V.pdf]
Preview
Text
13- BAB V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 14- DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas X SMA AR-Rahman Medan tahun pelajaran 2014/2015. Lokasi penelitian ini yaitu SMA AR-Rahman Medan Jl. Brigjen H.A.Manaf Lubis Helvetia Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 3 yaitu tes hasil belajar, lembar observasi dan angket. Pada penelitian ini teknis analisis data yang dipakai adalah metode deskriptif kuantitatif sederhana dengan rumus PPH=B/N x100% dengan kriteria persentase penilaian hasil (PPH) 0% PPH < 75% = Siswa belum tuntas dalam belajar, 75% PPH 100% = Siswa sudah tuntas dalam belajar. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar, jika dikelas telah tercapai 85% yang telah mencapai persentase penilaian hasil ≥75% maka ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai. Hasil belajar siswa pada tes awal (pre test) sebelum melakukan penelitian, jumlah siswa yang tuntas adalah 5 orang atau 15,16%, sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan untuk mata pelajaran PKn adalah 75, sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 28 orang atau 84,85% (nilai dibawah 75). Pada hasil post tes Siklus I jumlah yang tuntas sebanyak 13 orang atau 39,39%, sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 20 orang atau 60,61%. Hasil post tes siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 29 orang atau 87,87%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang atau 12,12%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas X SMA AR-Rahman Medan tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PKN 002
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 May 2016 03:50
Last Modified: 17 May 2016 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5278

Actions (login required)

View Item
View Item