Sidebang, Restio (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI 040448 KABANJAHE. Masters thesis, UNIMED.
1.COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
2.Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9.BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
13.BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan pengaruh strategi pembelajaran PQ4R dan strategi pembelajaran konvensional terhadap kemampuan membaca pemahaman teks narasi, 2) Perbedaan pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan membaca pemahaman teks narasi. 3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kemampuan membaca pemahaman teks narasi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan bulan Mei sampai Juni 2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040448 Kabanjahe banyaknya 83 orang yang ditentukan secara acak dengan teknik random sampling. Adapun sampelnya adalah kelas VA sebanyak 43 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebanyak 40 orang sebagai kelas ekperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalur.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks narasi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran PQ4R (X = 152 kpm) lebih tinggi daripada kemampuan membaca pemahaman yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional (X = 142 kpm), hasil analisis varian menunjukkan nilai Fhitung sebesar 4,875 >nilai Ftabel sebesar 2,33 dan nilai probabilitas atau signifikansi 0,015 < 0,05, sehingga H0 ditolak; (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan motivasi tinggi (X = 155 kpm) dan siswa yang memiliki motivasi rendah (X = 155 kpm), hasil analisis varian diperoleh nilai Fhitung sebesar 0,099<nilai Ftabel sebesar 2,68 dan nilai signifikan 0,275 > 0.05, sehingga H0 diterima; (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman teks narasi siswa, hasil analisis varian nilai Fhitung sebesar 375,7 > nilai Ftabel sebesar 19,30 dan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.472 Sid p |
Keywords: | Hakikat membaca; Motivasi belajar; Teks narasi; membaca pemahaman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 May 2016 08:43 |
Last Modified: | 16 May 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5267 |