Suwondo, Haris (2015) PENGGUNAAN STRATEGI GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN. 028229 BINJAI BARAT T.A 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182022 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM. 8136182022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3. NIM. 8136182022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. NIM. 8136182022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 8136182022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
6. NIM. 8136182022 TABLES.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7. NIM. 8136182022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8136182022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8136182022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
13. NIM. 8136182022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
14. NIM. 8136182022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN 028229 Binjai terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor: (1)Tingkat kecerdasan siswa yang berbeda-benda (2) Peserta didik masing-masing memiliki bakat pada pelajaran tertentu. (3)Peserta didik kurang memiliki Ketertarikan pada materi sejarah. (4)Terkikisnya rasa patriotisme dalam diri siswa. (5)Rendahnya motivasi siswa. (6)Dalam proses pembelajaran guru langsung menjelaskan materi tanpa sebelumnya mengembangkan suasana yang positif dan kondusif untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar IPS. (7)Dalam proses belajar mengajar masih cenderung berpusat pada guru (teacher center) (8)Materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) masih banyak disajikan dalam bentuk hafalan teori (9) Masih seringnya pembelajaran dalam bentuk konsep-konsep IPS (10)Peserta didik kurang diaktifkan perannya dalam proses belajar (11)Dalam belajar dikelas peserta didik kurang didorong untuk kemampuan berfikirnya (12)Strategi atau metode yang digunakan pendidik kurang bervariasi (13)Pendidik masih sering menggunakan metode konvensional (14)Penurunan hasil belajar yang drastis dari tahun-ketahun (15) Belum diterapkannya penggunaan strategi genius learning pada mata pelajaran tertentu seperti IPS khususnya di SDN 028229 Binjai Barat.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menekankan pada empat fokus penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalm penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 028229 Binjai yang berjumlah 25 0rang. Subjek penelitian ini adalah peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi genius learning.
Pada siklus I siswa yang berhasil sebanyak 10 orang (40%) dan siswa yang belum berhasil 15 orang (60%) dengan skor rata-rata 62,8. siswa yang mendapat nilai baik pada aspek tidak cepat puas dengan prestasi yang telah dicapainya berjumlah 16 siswa dengan persentase 64% hal itu menunjukkan tingkat motivasi siswa masih rendah. Pada siklus II secara keseluruhan siswa tuntas 100% dengan nilai rata-rata 75,8. sebagian indikator yg mengalami peningkatan motivasi dari 14 indikator yang ada mendapatkan persentase ≥80% dan mendapatkan predikat sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Suw p |
Keywords: | Hasil belajar IPS; Motivasi belajar; Strategi pembelajaran; Kajian materi; Strategi genius |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 May 2016 07:53 |
Last Modified: | 16 May 2016 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5261 |