Juliati (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 1 KEC. PEUDADA KAB. BIREUEN. Masters thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN TESIS.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kec. Peudada Kab. Bireuen melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan pada semester II kelas V SD Negeri 1 Kec. Peudada Kab. Bireuen selama 3 bulan yaitu April sampai dengan Juni 2015. Rumusan masalah pada penelitian ini (1) Apakah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa SD Negeri 1 Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. (2) Apakah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 1 Kec. Peudada Kab. Bireuen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kec. Peudada Kab. Bireuen yang berjumlah 35 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian Aktivitas belajar siswa meningkat, hal ini terbukti pada siklus I pembelajaran 1 rata-rata aktivitas siswa 1,96 dengan kategori cukup aktif, dan pada pembelajaran 2 mengalami peningkatan menjadi 2,27 dengan kategori cukup aktif. dan pada siklus II Pada pembelajaran 1 rata-rata aktivitas siswa 2,63 dengan kategori aktif, dan pada pembelajaran 2 mengalami peningkatan menjadi 2,93 dengan kategori aktif. Aktivitas guru juga mengalami peningkatan siklus I Pada pembelajaran 1 jumlah skor yang diperoleh adalah 45 dengan persentase 80,36% dan berkategori baik. Pada pembelajaran 2 mengalami peningkatan jumlah skor menjadi 47 dengan persentase 83,93% berkategori baik. Sedangkan untuk siklus II Pada pembelajaran 1 jumlah skor yang diperoleh adalah 53 dengan persentase 96,64% dan berkategori sangat baik. Pada pembelajaran 2 mengalami peningkatan jumlah skor menjadi 55 dengan persentase 98,21% berkategori sangat baik. Hasil belajar bahasa Indonesia siswa meningkat, hal ini terbukti dari rata-rata hasil belajar dan tingkat ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 74,71 dari jumlah 35 siswa. Jumlah siswa yang berhasil 22 orang (62,86%) dan jumlah siswa yang belum berhasil 13 orang (37,14%) dengan ketuntasan klasikal 62,86% (belum tuntas). Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 81,29. Pada hasil evaluasi ini seluruh siswa berhasil mencapai KKM berjumlah 35 orang (100%). Pada siklus II ini ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 100% dan dapat dikatakan tuntas secara klasikal. Jadi dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 1 Kec. Peudada Kab. Bireuen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Jul p |
Keywords: | Hakikat aktivitas; Model pembelajaran; Pemecahan msalah dalam PBL; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 May 2016 04:56 |
Last Modified: | 16 May 2016 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5257 |