Pratiwi, Hilda (2023) INOVASI SUMBER BELAJAR BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PENGAJARAN TITRASI ASAM BASA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206142003 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. 8206142003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (865kB) | Preview
3. 8206142003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4. 8206142003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. 8206142003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (923kB) | Preview
6. 8206142003 TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. 8206142003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. 8206142003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. 8206142003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
13. 8206142003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
14. 8206142003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar inovatif berbasis
proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pokok bahasan titrasi
asam basa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini
adalah dua kelas mahasiswa pendidikan kimia. Instrumen penelitian berupa tes objektif
hasil belajar yang valid dan reliable, sumber bahan ajar inovatif, angket penilaian
kemampuan berpikir dan angket validasi BSNP. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1)
Bahan ajar penuntun praktikum yang digunakan perguruan tinggi berdasarkan standar
kelayakan bahan ajar memiliki nilai antara lain; kelayakan isi (3,12), kelayakan Bahasa
(3,27), kelayakan penyajian (3,34) dan Kelayakan grafik (3,37) artinya cukup layak
digunakan; 2) Bahan ajar sumber belajar inovatif berbasis proyek yang digunakan
perguruan tinggi berdasarkan standar kelayakan bahan ajar memiliki nilai antara lain;
kelayakan isi (3,7), kelayakan Bahasa (3,67), kelayakan penyajian (3,77) dan Kelayakan
grafik (3,66) kriteria layak digunakan; 3) Hasil penilaian menunjukan pengaruh
sumberbelajar inovatif berbasis proyek dalam implementasi pembelajaran untuk
meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi menghasilkan Sig. < α (0,00<0,05)
artinya Ha diterima; 4) Hasil penilaian menunjukan penggunaan sumber belajar inovatif
berbasis proyek berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa pada pokok
bahasan titrasi asam basa menghasilkan Sig. < α (0,00<0,05) artinya Ha diterima; 5)
Hasil penilaian menunjukan penggunaan sumber belajar inovatif berbasis proyek
meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pokok bahasan titrasi asam basa menghasilkan
Sig. < α (0,00<0,05) artinya Ha diterima dan 6) Hasil penilaian respon mahasiswa
terhadap sumber belajar inovatif berbasis proyek adalah mahasiswa tertarik dengan
inovasifi sumber belajar, ada perbedaan ketertarikan materi yang disajikan dan
membantu mahasiswa dalam peningkatan hasil belajar baik dilaboratorium dan
ruang belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemapuan berpikir
tingkat tinggi mahasiswa yang menggunakan sumber belajar inovatif berbasis
proyek lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan sumber belajar
tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.302 85 Pra i |
Keywords: | Sumber belajar inovatif; Kemampuan berpikir tingkat tinggi; Hasil Belajar;Titrasi asam basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2023 05:53 |
Last Modified: | 30 May 2023 05:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52360 |