Sundari, Ika (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Menggunakan Moodle Untuk Meningkatkan Akitivitas Belajar Dan Hasil Belajar Kelas X Semester Genap. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206142011 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. 8206142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (891kB) | Preview
3. 8206142011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
4. 8206142011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
5. 8206142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
6. 8206142011 TABLE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7. 8206142011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8. 8206142011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. 8206142011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
13. 8206142011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. 8206142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e- modul berbasis discovery learning
menggunakan moodle, meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar serta melihat
hubungan antara aktivitas belajar dan hasil belajar dan respon peserta didik terhadap
pengembangan e-modul berbasis discovery learning. Penelitiaan ini merupakan penelitian
pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Sample penelitian berjumlah 30 orang peserta didik kelas X SMA Dharma
Patra P.Berandan, dengan menggunakan teknik analisis data berupa langsung, wawancara,
lembar observasi, dan tes hasil belajar, yang dianalisis menggunakan teknik analisis data
statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji t- one sample dan korelasi. Hasil
penelitian diperoleh pengembangan e-modul yang telah dikembangkan telah layak sesuai
dengaan BNSP dengan perolehan rata-rata sebesar 3,1 dan kelayakan media 3,4 dalam sekala
4,00 dengan kategori sangat valid. Hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan
pengembangan e-modul berbasis discovery learning yaitu 82,1 dan hasil belajar yang
diperoleh peserta didik diperoleh lebih tinggi dari pada KKM yang ditetapkan disekolah
yaitu 70 dengan diperoleh nilai sig = 0,027 < 0,05 dari hasil uji t one sampel yang telah
dilakukan. Aktivitas peserta didik dalam penelitian dari ketiga pertemuan yaitu 83,5%
dengan kategori sangat aktif. Hubungan antara aktivitas dan hasil belajar memiliki hubungan
yang positif dengan dengan kekuatan hubungan yang kuat dengan diperoleh nilai r hitung
sebesar 0,09 lebih kecil 0,361 dan nilai signifikansi sebesar 0,00 yang didapatkan dari uji
kolerasi yang dilakukan. Sedangkan respon peserta didik terhadap penggunaan e-modul
berbasis discovery learning pada materi elektrolit non elektrolit sangat dengan nilai rata-rata
persentasi 87%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.372 Sun p |
Keywords: | E-Modul, Moodle; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Elektrolit; Non Elektrolit |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2023 05:32 |
Last Modified: | 30 May 2023 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52357 |