Siregar, Siti Amsah (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI NO 101670 AEK HARUAYA DESA LANTOSAN KEC. PORTIBI KAB. PADANG LAWAS UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. JUDUL TESIS.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
9. BAB 1.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. BAB 5.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis pendekatan matematika realisitk pada materi pecahan di kelas III SD Negeri No 101670 Aek Haruaya Desa Lantosan Kec. Portibi Kab. Padang Lawas Utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan terhadap perangkat pembelajaran melalui model 3-D oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Model pengembangan pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Prosedur penelitianl ini meliputi 3 tahapan, yakni : Tahap I yaitu: studi pendahuluan yang terdiri dari studi literature, studi literature pendekatan matematika realsitik, studi literature LKS, analisis materi pecahan, analisis pendekatan matematika realistic dalam mengembangkan LKS, kemudian hasil pecetakan , dan analisi kelemahan; Tahap II yaitu pengembangan LKS, menentukan alat pengumpulan data, validasi awal, revisi hasil validasi awal, uji coba, hasil uji coba; Tahap III yaitu pemberian tes awal, dilihat kontribusi pengembangan lembar kerja siswa yang telah diberikan kepada siswa, pemberian tes akhir kemudian dihasilkan lembar kerja siswa berbasis pendektan matematika realistik yang efektif pada materi pecahan. Subjek uji coba terdiri dari satu ahli materi, satu ahli desain pembelajaran, tiga orang guru sejawat siswa untuk uji perorangan, Sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil dan tiga puluh. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket atau kuesioner. Data-data dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Uji coba ahli materi pada penilaian kelayakan ini berada pada kriteria baik; (2) Uji coba ahli desain pembelajaran berada pada kriteria baik ; (3) Uji coba kepada guru dan kepala sekolah berada pada kriteria sangat baik. Demikian pula dengan uji efektifitas produk berada pada kategori sangat baik (87,5%), dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan lembar kerja siswa berbasis pendekatan matematika realistik pada materi pecahan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sir p |
Keywords: | Pembelajaran matematika; Hasil belajar; Matematika realistik; Efektifitas; Minat belajar; Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 May 2016 08:25 |
Last Modified: | 13 May 2016 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5225 |