Manurung, Desi Mayanti (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS PADA MATERI POKOK ALJABAR KELAS VIII SMP N 1 PAGAR MERBAU T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM..4113311006 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM..4113311006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. NIM. 4113311006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
4. NIM. 4113311006 PREPACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 4113311006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 4113311006 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4113311006 TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4113311006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 4113311006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
13. NIM. 4113311006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 4113311006 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think_Pair_Share (TPS) di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Pagar Merbau Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 dengan jumlah siswa 38 orang. Objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pagar Merbau pada materi pokok Aljabar melaui model pembelajaran kooperatif tipe think_Pair_Share (TPS)
Berdasarkan hasil observasi, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I banyaknya siswa memiliki persentase aktivitas ≥70% secara klasikal adalah 2 orang siswa (5,26%) dan di akhir siklus II meningkat hingga mencapai 29 orang siswa (76,91%). Peningkatan setiap aspek aktivitas secra klasikal dari siklus I ke siklus II adalah bertanya 44,7%, menjawab pertanyaan sebesar 30,2%, berdiskusi sebesar 17,57%, dan mengemukakan pendapat sebesar 39,38%. Dari hasil siklus II diperoleh bahwa persentase aktivitas aktif siswa telah memenuhi yaitu : 70%≤Persentase Aktivitas Siswa<85%.
Hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think_Pair_Share (TPS), hasil belajar siswa minimal sedang (≥65%) secara klasikal belom tercapai karena hanya 50% siswa yang tuntas,engan nilai rata-rata kelas 70,05%. Setelah pelaksaan siklus II, hasil belajar siswa kategori minimal sedang (≥65%) secara klasikal telah tercapai yaitu 86,84%, dengan nilai rat-rata 84,06.
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 71,65%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 36,84% Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelaran kooperatif tipe Think_Pair_Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru matematika yang ingin menungkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa hendaknya menerapkan model kooperatif tipe Think_Pair_Share (TPS).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 029 |
Keywords: | Belajar Matematika; Aljabar; Sistem Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 May 2016 18:41 |
Last Modified: | 12 May 2016 18:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5217 |