Sinaga, Prasko Oktovano (2021) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP SWASTA METHODIST 8 T.A.2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4162111011 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 4162111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
3. NIM 4162111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM 4162111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM 4162111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
10. NIM 4162111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. NIM 4162111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
15. NIM 4162111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat hubungan antara kreativitas dan kemandirian belajar terhadap kemampuan matematis siwa kelas IX SMP Swasta Methodist 8 Medan T. komunikasi A. 2020/2021”. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Swasta Methodist 8 Medan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling berjumlah 29 sampel. Instrumen dalam penelitian ini adalah dua buah angket yang berjumlah 20 butir dan tes essay yang berjumlah 7 butir soal. Melalui uji r korelasi product moment ada hubungan kreativitas terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan nilai dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,001<0,05). Dan ada hubungan kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan nilai dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf siginifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Serta ada hubungan antara kreativitas terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf siginifikansi 0,05 (0,027 < 0,05). Berdasarkan analisis korelasi ganda antara kreativitas dan kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis diperoleh (33,14 > 3,37) dan nilai signifikasi lebih kecil dari taraf siginifikansi 0,05(0,000<0,05), dan nilai koefisen korelasi sebesar 0,718, artinya semakin tinggi kreativitas dan kemandirian siswa semakin tinggi juga kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Methodist 8 Medan. Dengan uji F (simultan) kreativitas dan kemandirian belajar berhubungan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas IX SMP Swasta Methodist 8 Medan T.A. 2020/20210 dengan besar kontribusi 69,7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 117 |
Keywords: | Kreativitas; Kemandirian belajar; Komunikasi matematis; Gaya belajar; Lingkaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 May 2023 08:40 |
Last Modified: | 17 May 2023 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52167 |