Shafira, Nabilla (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS PISA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X SMA SWASTA AL-ULUM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181111038 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 4181111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
3. NIM 4181111038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM 4181111038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM 4181111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM 4181111038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
13. NIM 4181111038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM 4181111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Dalam pembelajaran matematika, kemampuan literasi matematika sangat diperlukan dikarenakan siswa dituntut tidak hanya mampu berhitung namun siswa harus mampu untuk menyampaikan dan memaparkan fenomena yang nyata dengan konsep matematika. Namun, berdasarkan penilaian Programme International for Student Assessment (PISA), hasil kemampuan literasi siswa khususnya Indonesia tergolong rendah. Dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa, masing-masing guru menghadapi siswa yang mempunyai ciri khas yang berbeda antara masing-masing siswa. Dalam pendidikan matematika, gaya kognitif ialah salah satu ciri khas siswa yang perlu dipertimbangkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui : (1) Hasil analisis gaya kognitif siswa kelas X SMA Swasta Al-Ulum Medan dalam menyelesaikan soal berbasis PISA; (2) Hasil kemampuan literasi matematika siswa kelas X SMA Swasta Al-Ulum Medan dalam menyelesaikan soal berbasis PISA pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent; (3) Hasil kemampuan literasi matematika siswa kelas X SMA Swasta Al-Ulum Medan dalam menyelesaikan soal berbasis PISA pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independent. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIA 1 SMA Swasta Al-Ulum Medan dengan jumlah siswa keseluruhan 34 siswa. Instrumen dalam penelitian ini ialah angket gaya kognitif menggunakan instrument Group Embedded Figure Test (GEFT), soal literasi matematika berbasis PISA dan wawancara bersama subjek terpilih yaitu 3 siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependent dan 3 siswa yang mempunyai gaya kognitif field independent. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil analisis gaya kognitif siswa kelas X SMA Swasta Al-Ulum Medan dalam menyelesaikan soal berbasis PISA adalah field dependent dengan jumlah siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent berjumlah 23 siswa atau sebesar 67,6% dan siswa yang memiliki gaya kognitif field independent berjumlah 11 siswa atau sebesar 32,4% ; (2) Hasil kemampuan literasi matematika siswa kelas X SMA Swasta Al-Ulum Medan dalam menyelesaikan soal berbasis PISA pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent mencapai level 1 untuk dua subjek dan satu subjek lain mencapai level 2 pada PISA; (3) Hasil kemampuan literasi matematika siswa kelas X SMA Swasta Al-Ulum Medan dalam menyelesaikan soal berbasis PISA pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independent mencapai level 3 untuk satu subjek dan dua subjek lain mencapai level 5 pada PISA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 119 |
Keywords: | Literasi matematika; Gaya kognitif; Programme for international student assessment |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 May 2023 07:22 |
Last Modified: | 17 May 2023 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52164 |