Damanik, Dhina Juliana (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 10 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113311008 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4113311008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 4113311008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. NIM. 4113311008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM. 4113311008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 4113311008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM. 4113311008 TABLES.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
8. NIM. 4113311008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM. 4113311008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
13. NIM. 4113311008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM. 4113311008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. (2) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif melalui model Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran konvensional.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan Tahun Pelajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 300 siswa yang tersebar dalam 12 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII-H sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-G sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol yang ditentukan secara random sampling
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dimana pretest dan posttest yang digunakan dalam penelitian ini sebagai alat pengumpul data merupakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif siswa dalam bentuk tes uraian pada materi bilangan bulat dan pecahan sebanyak masing-masing 4 soal yang telah dinyatakan valid. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data tes dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data tes dengan menggunakan uji F. Dari kedua pengujian tersebut diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.
Rata-rata nilai pretest dikelas eksperimen adalah sebesar 24, dan rata-rata dikelas kontrol sebesar 29,25. Rata-rata nilai posttest dikelas eksperimen adalah sebesar 76,25, dan rata-rata dikelas kontrol sebesar 67,25. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan) diperoleh
t hitung = 1,788 dan t tabel = 1,676 maka t hitung > t tabel dengan dk = 48 dan taraf nyata α = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa yang diberi pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang diberi pembelajaran konvensional pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 10 Medan T.P 2015/2016, (2) proses jawaban siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) memiliki kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), kerincian (elaboration) dan keaslian (originality) yang lebih baik dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif dibandingkan dengan menerapkan pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 013 |
Keywords: | Pecahan;Problem Based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 May 2016 18:35 |
Last Modified: | 12 May 2016 18:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5216 |