PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 10 MEDAN T.P. 2015/2016

Damanik, Dhina Juliana (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 10 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4113311008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4113311008 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4113311008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4113311008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4113311008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4113311008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4113311008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4113311008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4113311008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4113311008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4113311008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4113311008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4113311008 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4113311008 TABLES.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4113311008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4113311008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4113311008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4113311008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4113311008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4113311008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4113311008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4113311008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. (2) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif melalui model Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran konvensional.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan Tahun Pelajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 300 siswa yang tersebar dalam 12 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII-H sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-G sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol yang ditentukan secara random sampling
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dimana pretest dan posttest yang digunakan dalam penelitian ini sebagai alat pengumpul data merupakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif siswa dalam bentuk tes uraian pada materi bilangan bulat dan pecahan sebanyak masing-masing 4 soal yang telah dinyatakan valid. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data tes dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data tes dengan menggunakan uji F. Dari kedua pengujian tersebut diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.
Rata-rata nilai pretest dikelas eksperimen adalah sebesar 24, dan rata-rata dikelas kontrol sebesar 29,25. Rata-rata nilai posttest dikelas eksperimen adalah sebesar 76,25, dan rata-rata dikelas kontrol sebesar 67,25. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan) diperoleh
t hitung = 1,788 dan t tabel = 1,676 maka t hitung > t tabel dengan dk = 48 dan taraf nyata α = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa yang diberi pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang diberi pembelajaran konvensional pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 10 Medan T.P 2015/2016, (2) proses jawaban siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) memiliki kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), kerincian (elaboration) dan keaslian (originality) yang lebih baik dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif dibandingkan dengan menerapkan pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 013
Keywords: Pecahan;Problem Based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 May 2016 18:35
Last Modified: 12 May 2016 18:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5216

Actions (login required)

View Item
View Item