Sihombing, Artanti AM (2023) Pengembangan E-Book Flipbook Berbasis Studi Kasus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206166004 COVER .pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. NIM. 8206166004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM. 8206166004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 8206166004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM. 8206166004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 8206166004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. NIM. 8206166004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8206166004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM. 8206166004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (763kB) | Preview
10. NIM. 8206166004 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM. 8206166004 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM. 8206166004 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM. 8206166004 CHAPTER V.pdf
Download (236kB)
14. NIM. 8206166004 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (579kB)
15. NIM. 8206166004 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Latar belakang penelitian berikut dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dikelas X IPS SMA Negeri 1 Pematang Siantar. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar yang inovatif dengan jenis penelitian pengembangan ADDIE untuk mendapatkan produk bahan ajar e-book flipbook berbasis studi kasus untuk meningkatan hasil belajar ekonomi siswa. Dari hasil validasi ahli desain pembelajaran diperoleh persentase penilaian sebesar 85,7%, validasi ahli media pembelajaran 84,7%, dan validasi ahli materi pembelajaran 87%.Sehingga disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan. Dari perhitungan uji t-tes menggunakan SPSS diketahui bahwa nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas A dan B, dimana rata –rata hasil belajar siswa dikelas eksperimen dengan menggunakan bahajar e-book flipbook (IPS-1) lebih tinggi 16% yaitu sebesar 81,39 dan mencapai nilai KKM yakni 70, dibanding kelas kontrol (IPS-2) yang masih memakai metode pembelajaran konvensional dengan buku cetak dengan rata – rata nilai hasil belajar 67,97 serta belum mencapai nilai KKM. Disimpulkan bahwa bahan ajar e-book flipbook berbasis studi kasus efektif digunakan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 330.72 Sih p |
| Keywords: | e-book flipbook; Studi kasus; Hasil Belajar Ekonomi |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 16 May 2023 06:30 |
| Last Modified: | 21 Aug 2025 05:33 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52154 |
