Sihombing, Artanti AM (2023) Pengembangan E-Book Flipbook Berbasis Studi Kasus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206166004 COVER .pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. NIM. 8206166004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM. 8206166004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 8206166004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM. 8206166004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 8206166004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. NIM. 8206166004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8206166004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM. 8206166004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (763kB) | Preview
13. NIM. 8206166004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM. 8206166004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian berikut dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dikelas X IPS SMA Negeri 1 Pematang Siantar. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar yang inovatif dengan jenis penelitian pengembangan ADDIE untuk mendapatkan produk bahan ajar e-book flipbook berbasis studi kasus untuk meningkatan hasil belajar ekonomi siswa. Dari hasil validasi ahli desain pembelajaran diperoleh persentase penilaian sebesar 85,7%, validasi ahli media pembelajaran 84,7%, dan validasi ahli materi pembelajaran 87%.
Sehingga disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan. Dari perhitungan uji t-tes menggunakan SPSS diketahui bahwa nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas A dan B, dimana rata –rata hasil belajar siswa dikelas eksperimen dengan menggunakan bahajar e-book flipbook (IPS-1) lebih tinggi 16% yaitu sebesar 81,39 dan mencapai nilai KKM yakni 70, dibanding kelas kontrol (IPS-2) yang masih memakai metode pembelajaran konvensional dengan buku cetak dengan rata – rata nilai hasil belajar 67,97 serta belum mencapai nilai KKM. Disimpulkan bahwa bahan ajar e-book flipbook berbasis studi kasus efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.72 Sih p |
Keywords: | e-book flipbook; Studi kasus; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 May 2023 06:30 |
Last Modified: | 16 May 2023 06:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52154 |