Gea, Endang Wifda Munjiah (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS XI MAS TAHFIZHIL QURAN MEDAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI MATRIKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4173311035-COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM.4173311035-L. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. NIM.4173311035-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM.4173311035-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
5. NIM.4173311035-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
9. NIM.4173311035-BAB I.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
13. NIM.4173311035-BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14. NIM.4173311035-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Pendidikan Indonesia, khususnya pada bidang matematika tergolong rendah yaitu dengan nilai dibawah rata-rata Internasional. Masalah ini berhubungan dengan rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa di Indonesia, tidak terkecuali siswa di MAS Tahfizhil Quran Medan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas XI MAS Tahfizhil Quran Medan setelah
dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada materi matriks, (2) mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa kelas XI MAS Tahfizhil Quran Medan dalam menyelesaikan tes koneksi matematis setelah dibelajarkan
menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dari indikator koneksi matematis, dan (3) mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa kelas XI MAS Tahfizhil Quran Medan dalam menyelesaikan tes koneksi matematis setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian yang dipakai adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini yakni kemampuan
koneksi matematis siswa di seluruh indikator berada pada kategori sedang. Kemampuan koneksi matematis siswa pada indikator hubungan antar topik matematika paling banyak berada pada kategori sedang, pada indikator hubungan antara matematika dengan disiplin ilmu lain berada pada kategori rendah, dan pada indikator penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari berada pada kategori tinggi. Faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa kelas XI MAS Tahfizhil Quran Medan dalam menyelesaikan tes koneksi matematis setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah rendahnya pemahaman konseptual, rendahnya kemampuan penalaran, dan daya ingat lemah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 141 |
Keywords: | Koneksi matematis; Matriks; Think pair share; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 May 2023 07:56 |
Last Modified: | 15 May 2023 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52142 |