PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERBASIS GENDER DI KELAS VII SMP NEGERI 29 MEDAN

Siregar, Aurelia Desi Natalia (2022) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERBASIS GENDER DI KELAS VII SMP NEGERI 29 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183111115 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183111115 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183111115 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183111115 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183111115 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183111115 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183111115 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183111115 PREFACE.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183111115 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183111115 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183111115 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183111115 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183111115 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183111115 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183111115 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183111115 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik berbantuan Macromedia Flash 8 terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas dan diteliti berdasarkan gender yang dilaksanakan di SMP Negeri 29 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan uji Anava Dua Jalur (Two Ways Anova) untuk melihat pengaruh dari variabel pembelajaran dan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, serta melihat interaksi antara ketiga variabel. Penelitian dilaksanakan selama 4 kali termasuk dengan pretes dan postes. Nilai pretes kelas eksperimen siswa laki – laki dan perempuan yaitu 44,605 dan 47,692, sedangkan nilai pretes siswa laki laki dan perempuan pada kelas kontrol yaitu 45,769 dan 44,736. Setelah diberikan perlakuan, nilai postes siswa laki – laki dan perempuan pada kelas eksperimen naik menjadi 81,538 dan 78,947, sedangkan nilai postes laki – laki dan perempuan pada kelas kontrol adalah 69,03 dan 67,50. Pada analisis uji Anava dua arah menunjukkan bahwa Pendekatan Matematika Realistik berbantuan Macromedia Flash berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan dengan kelas kontrol, dan tidak ada interaksi antara pembelajaran dan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 145
Keywords: Matematika realistik; Pemecahan masalah matematis; Macromedia flash; Gender
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 May 2023 07:01
Last Modified: 15 May 2023 07:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52140

Actions (login required)

View Item
View Item