Siregar, Aurelia Desi Natalia (2022) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERBASIS GENDER DI KELAS VII SMP NEGERI 29 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111115 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4183111115 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM 4183111115 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4. NIM 4183111115 PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM 4183111115 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM 4183111115 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
13. NIM 4183111115 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM 4183111115 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik berbantuan Macromedia Flash 8 terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas dan diteliti berdasarkan gender yang dilaksanakan di SMP Negeri 29 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan uji Anava Dua Jalur (Two Ways Anova) untuk melihat pengaruh dari variabel pembelajaran dan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, serta melihat interaksi antara ketiga variabel. Penelitian dilaksanakan selama 4 kali termasuk dengan pretes dan postes. Nilai pretes kelas eksperimen siswa laki – laki dan perempuan yaitu 44,605 dan 47,692, sedangkan nilai pretes siswa laki laki dan perempuan pada kelas kontrol yaitu 45,769 dan 44,736. Setelah diberikan perlakuan, nilai postes siswa laki – laki dan perempuan pada kelas eksperimen naik menjadi 81,538 dan 78,947, sedangkan nilai postes laki – laki dan perempuan pada kelas kontrol adalah 69,03 dan 67,50. Pada analisis uji Anava dua arah menunjukkan bahwa Pendekatan Matematika Realistik berbantuan Macromedia Flash berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan dengan kelas kontrol, dan tidak ada interaksi antara pembelajaran dan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 145 |
Keywords: | Matematika realistik; Pemecahan masalah matematis; Macromedia flash; Gender |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 May 2023 07:01 |
Last Modified: | 15 May 2023 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52140 |