BR.Girsang, Delpia Ria (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 3 Makanan Sehat Di SDN 106811 Bandar Setia T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111093_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1183111093_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
3. NIM. 1183111093_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4. NIM. 1183111093_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 1183111093_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 1183111093_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 1183111093_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 1183111093_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 1183111093_BAB I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
13. NIM. 1183111093_BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM. 1183111093_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap pertama analysis dilakukan analisis kebutuhan terhadap media pembelajaran. Tahap kedua design dilakukan dalam kegiatan dalam merancang sebuah produk yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tahap ketiga development dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis Videoscribe sekaligus dilakukan penilaian terhadap sebuah media yang dikembangkan. Tahap keempat implementation ini
akan dilakukan uji coba produk yang telah dikembangkan. tahap kelima evaluation yaitu tahap perbaikan dan peyempurnaan sebuah produk agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian ini dan di validasi serta diuji coba lapangan mendapat kategori “Sangat Layak” dengan pencapaian validator ahli materi diperoleh skor sebesar 92% dengan kategori “sangat Layak”, dari validator ahli media diperileh skor sebesar 100% dengan kategori “Sangat Layak”, dan validator ahli praktisi pendidikan diperoleh skor 100% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan pencapaian hasil pre-test dan pos-test terdapat perbedaan dimana persentase hasil pre-test adalah 52% dan persentase hasil posttest adalah 85,60%,
sehingga terdapat peningkatan sebesar 33,6%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Videoscribe yang dikembangkan, layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 3 sub tema 2 pembelajaran 3 kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 03:28 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52135 |