Arasti (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 1 SEI DADAP T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.4111111003_COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2.NIM.4111111003_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3.NIM.4111111003_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4.NIM.4111111003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5.NIM.4111111003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6.NIM.4111111003_ DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7.NIM.4111111003_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8.NIM.4111111003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
9.NIM.4111111003_BAB I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
13.NIM.4111111003_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14.NIM.4111111003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Sei Dadap. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Sei Dadap T.A 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Talk Write pada materi aritmatika sosial.Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah I diperoleh 19 siswa (52,78%) dari 36 siswa telah mampu memecahkan masalah (nilainya 65). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah II diperoleh 32 siswa (88,78%) dari 36 siswa yang telah mampu memecahkan masalah (nilainya 65). Terjadi peningkatan persentase kelas telah mampu memecahkan masalah sebesar 36%. Nilai rata-rata pada tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I yaitu 67,13 dan pada siklus II meningkat menjadi 77,78. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 10,65. Strategi yang dilakukan untuk penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write yaitu: (1) memaksimalkan waktu pada kegiatan diskusi kelompok, (2) memotivasi siswa agar percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan (3) memberikan hadiah serta pujian, tepuk tangan dan senyuman kepada kelompok yang maju mempresentasikan hasil diskusi mereka, (3) memaksimalkan diskusi kelompok dengan pengawasan yang baik pada kelompok yang belum maksimal dalam proses diskusi.
Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan pemecahan masalah matematika siswa meningkat dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Sei Dadap T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 014 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Think Talk Write; Aritmatika Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 May 2016 17:54 |
Last Modified: | 12 May 2016 17:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5211 |