BR Ginting, Elia Manik (2022) Pengaruh Model Make A Match Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Tema 1 Kelas IV SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111089_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1183111089_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
3. NIM. 1183111089_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. NIM. 1183111089_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM. 1183111089_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 1183111089_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1183111089_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1183111089_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM. 1183111089_BAB I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
13. NIM. 1183111089_BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 1183111089_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Model Make A
Match Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar tema 1 kelas IV SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu ( Quasi Eksperimen
Semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101766 Bandar Setia. Sampel dari penelitan ini adalah kelas IVA dan IVB atau sebanyak 44 orang siswa. Teknik sampeling yang digunakan adalah Purposive Sampling .
Instrument dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitasnya, tingkat kesukaran serta uji daya beda soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t dengan menggunakan uji Independent sample t test. Hasil penelitian berdasarkan analisis uji perbandingan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen diperoleh 49,79 sementara perolehan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 83,13. Hasil perhitungan hipotesis yang diperoleh dari uji Independent
sample t test yaitu 0,012, dapat dikatakan bahwa 0,012 < sig,0,05 atau diperoleh niali thitung > ttabel yaitu 2,636 > 2,018 pada tarat signifikan 5% dan α = 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan bahwa terdapat Pengaruh Model Make A Match Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar tema 1 kelas IV SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A.2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Make A Match Berbantuan Multimedia Interaktif; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 01:28 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 01:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52102 |