Siregar, Aulia Resa Fahlevi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 5 STABAT T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4113111010_COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM.4113111010_LEMBAR PENGESAHAN.docx.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
3. NIM.4113111010_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM.4113111010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM.4113111010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM.4113111010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM.4113111010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM.4113111010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM.4113111010_BAB I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
13. NIM.4113111010_BAB V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM.4113111010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penerapan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada pokok bahasan persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 5 Stabat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 5 Stabat T.A. 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan persamaan linear dua variabel.
Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah I diperoleh 19 siswa (52,78%) dari 36 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 2,80). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah II diperoleh 32 siswa (88,89%) dari 36 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 2,80). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 36,11%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini terpenuhi.
Nilai rata-rata pada tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I yaitu 2,47 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,26. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 0,79 yang berada pada kategori baik.
Pada tindakan siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah untuk setiap indikator yang diteliti yaitu pada indikator memahami masalah menjelaskan persentase rata-rata pada siklus I sebesar 88,89%, pada siklus II meningkat menjadi 94,44%. Indikator merencanakan penyelesaian masalah pada siklus I sebesar 86,11%, pada siklus II meningkat menjadi 88,89%. Indikator menyelesaikan masalah sesuai rencana pada siklus I sebesar 36,11%, pada siklus II meningkat menjadi 88,89%. Indikator memeriksa kembali hasil yang diperoleh pada siklus I sebesar 16,67%, pada siklus II meningkat menjadi 86,11%.
Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning pada pokok bahasan persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 5 Stabat T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 032 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Persamaan Linear; Dua Variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 May 2016 17:42 |
Last Modified: | 12 May 2016 17:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5209 |