PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 5 STABAT T.A. 2015/2016

Siregar, Aulia Resa Fahlevi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 5 STABAT T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.4113111010_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4113111010_COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4113111010_LEMBAR PENGESAHAN.docx.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4113111010_LEMBAR PENGESAHAN.docx.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.4113111010_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM.4113111010_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.4113111010_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM.4113111010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4113111010_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4113111010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.4113111010_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM.4113111010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.4113111010_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM.4113111010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.4113111010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM.4113111010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.4113111010_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.4113111010_BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.4113111010_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4113111010_BAB V.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.4113111010_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM.4113111010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penerapan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada pokok bahasan persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 5 Stabat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 5 Stabat T.A. 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan persamaan linear dua variabel.
Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah I diperoleh 19 siswa (52,78%) dari 36 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 2,80). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah II diperoleh 32 siswa (88,89%) dari 36 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 2,80). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 36,11%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini terpenuhi.
Nilai rata-rata pada tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I yaitu 2,47 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,26. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 0,79 yang berada pada kategori baik.
Pada tindakan siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah untuk setiap indikator yang diteliti yaitu pada indikator memahami masalah menjelaskan persentase rata-rata pada siklus I sebesar 88,89%, pada siklus II meningkat menjadi 94,44%. Indikator merencanakan penyelesaian masalah pada siklus I sebesar 86,11%, pada siklus II meningkat menjadi 88,89%. Indikator menyelesaikan masalah sesuai rencana pada siklus I sebesar 36,11%, pada siklus II meningkat menjadi 88,89%. Indikator memeriksa kembali hasil yang diperoleh pada siklus I sebesar 16,67%, pada siklus II meningkat menjadi 86,11%.
Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning pada pokok bahasan persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 5 Stabat T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 032
Keywords: Model Pembelajaran; Persamaan Linear; Dua Variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 May 2016 17:42
Last Modified: 12 May 2016 17:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5209

Actions (login required)

View Item
View Item